Kompas TV regional berita daerah

Limbah Bonggol Bambu Disulap Jadi Tempat Pensil dan Asbak

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 13:34 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KEDIRI, KOMPAS.TV - Limbah bonggol bambu dapat diolah menjadi kerajinan bernilai jual tinggi, seperti yang dilakukan oleh seorang pria di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Ia menyulap limbah bonggol bambu menjadi kerajinan asbak dan tempat pensil cantik. Seperti apa cara membuatnya, simak videonya.

Bonggol bambu biasanya menjadi sampah dan dibiarkan begitu saja. Namun di tangan Agung Prasetyo, warga Gampengrejo Kabupaten Kediri limbah bonggol bambu disulap menjadi kerajinan tempat pensil dan asbak unik.

Baca Juga: ASN di Jember Peduli Lingkungan, Olah Sampah Plastik jadi Kerajinan

Bonggol bambu yang digunakan jenis bambu petung yang sudah kering. Pembuatannya menggunakan teknik ukir. Dibutuhkan kejelian dan ketelitian untuk bisa membuat asbak dan tempat pensil yang cantik.

Asbak dan tempat pensil bonggol bambu karya Agung berbentuk unik, karena dihiasi berbagai miniatur hewan, mulai dari burung hingga ikan.

Agung Prasetyo mengaku ide pembuatan kerajinan itu muncul setelah dirinya melihat banyak limbah bonggol bambu di sekitar rumahnya. Ia kemudian berinisiatif memanfaatkan limbah tersebut menjadi kerajinan.

Baca Juga: Inovatif! Pria ini Membuat Kerajinan Tas Berbentuk Masker N95

Bentuknya yang unik membuat kerajinan itu laku keras di pasaran. Per bulan, Agung bisa mengantongi keuntungan jutaan rupiah. Selain menambah pundi rupiah, apa yang dilakukan agung juga berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

 

#Kerajinan #BonggolBambu #Asbak #TempatPensil



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x