Kompas TV regional berita daerah

Wayang Dari Talang Air Karya Siswa SMP

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:18 WIB

Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Berawal dari keinginannya untuk memiliki wayang kulit, seorang siswa SMP di Kabupaten Madiun, justru berhasil  membuat wayang dari bahan karton dan talang air. Meski bukan berbahan kulit, namun wayang hasil karya siswa ini justru laku dijual secara online.

Beginilah aktivitas Giversa Rashel Devansyah, siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Wungu, Madiun. Sepulang dari sekolah, siswa berusia 14 tahun ini, selalu sibuk membuat sketsa dan karakter wayang dengan dibantu ayahnya.

Bukan dari kulit, wayang karya siswa warga Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu ini justru terbuat dari bahan karton dan talang air. Meski bukan terbuat dari bahan kulit, namun karyanya ini tetap terlihat begitu menakjubkan layaknya wayang dari kulit asli.

Ide membuat wayang dari karton dan talang air ini, bermula ketika Giversa yang juga pengagum dalang Ki Seno Nugroho, ingin memiliki wayang kulit. Namun karena harganya yang mahal, ia pun mengurungkan niatnyamembeli wayang kulit yang ia idamkan.

Kemudian dirinya mencoba membuat wayang sendiri, dari bahan karton, dan talang air. Ternyata hasilnya pun tak kalah mirip dengan wayang berbahan kulit asli. Puluhan karakter wayang telah ia buat. Diantaranya Punakawan, Bima, Wisanggeni, Duryudana, Gatot Kaca, Arjuna dan lainnya.

Dan siapa sangka, setelah ia unggah di media sosial, wayang dari karton dan talang buatannya ini, diminati oleh banyak orang. Setiap karakter wayang, ia banderol mulai 50 ribu hingga 400 ribu rupiah. Tergantung besar kecil ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatan wayang.

#beritamadiun
#wayang
#wayangtalang
#dalang

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19