Kompas TV internasional kompas dunia

Lukisan Mahakarya Sandro Botticelli 'Man of Sorrows' Masuk Lelang, Diperkirakan Laku 92 Juta Dolar

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:43 WIB
lukisan-mahakarya-sandro-botticelli-man-of-sorrows-masuk-lelang-diperkirakan-laku-92-juta-dolar
Karya Sandro Botticelli bertajuk 'Man of Sorrows' ini diperkirakan akan terlelang senilai lebih dari 92 juta dolar AS di Balai Lelang Sotheby, London. (Sumber: France24)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

NEW YORK, KOMPAS.TV - Sebuah lukisan langka mahakarya Sandro Botticelli yang menggambarkan Yesus Kristus akan dilelang pada 27 Januari mendatang di Sotheby's di New York, setahun setelah sebuah karya master Renaissance Italia itu mencetak rekor senilai 92 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara sebagian besar karya Sandro Botticelli, yang punya nama asli Alessandro di Mariano Filipepi, seperti Allegory of Spring yang terkenal dan Birth of Venus, dipajang di galeri Uffizi di Florence, Italia, dengan karya-karya yang beredar di koleksi pribadi sangat langka.

"Yang di tangan pribadi, kami rasa hanya ada sekitar lima atau lebih yang kami ketahui di luar sana," kata Christopher Apostle, kepala departemen Old Masters Sotheby, kepada AFP.

Man of Sorrows adalah potret lukisan Yesus dengan latar hitam, menatap tajam, mahkota duri di kepala dikelilingi malaikat, tangannya diikat tali dan bekas luka.

"Gambar ini dilukis Botticelli saat mulai berusia senja, mungkin dilukis ketika dia berusia akhir 50-an," sekitar tahun 1500-an, kata Apostle.

Baca Juga: Lukisan Frida Kahlo Terjual Rp497 Miliar

Karya Sandro Botticelli bertajuk 'Man of Sorrows' ini diperkirakan akan terlelang senilai lebih dari 92 juta dolar di Balai Lelang Sotheby, London (Sumber: Sotheby London)

"Seiring bertambahnya usia seseorang, mereka menjadi lebih introspektif, lebih metafisik, lebih spiritual. Dan saya pikir Anda melihat itu secara mendalam dalam gambar ini," katanya.

Lukisan yang terpelihara dengan baik itu tetap menjadi milik keluarga kolektor seni yang sama, yang membagi waktu mereka antara Inggris dan Italia, sejak pertengahan abad ke-19, sebelum dijual kepada pemiliknya saat ini pada tahun 1963 dalam lelang seharga 10.000 pound di Sotheby's.

"Itu akan menjadi harga yang signifikan pada saat itu," kata Apostle.

Rumah lelang Sotheby's menetapkan perkiraan hasil lelang lebih dari 40 juta dolar AS.

Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19