Kompas TV internasional kompas dunia

Lukisan Mahakarya Sandro Botticelli 'Man of Sorrows' Masuk Lelang, Diperkirakan Laku 92 Juta Dolar

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 12:43 WIB
lukisan-mahakarya-sandro-botticelli-man-of-sorrows-masuk-lelang-diperkirakan-laku-92-juta-dolar
Karya Sandro Botticelli bertajuk 'Man of Sorrows' ini diperkirakan akan terlelang senilai lebih dari 92 juta dolar AS di Balai Lelang Sotheby, London. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

NEW YORK, KOMPAS.TV - Sebuah lukisan langka mahakarya Sandro Botticelli yang menggambarkan Yesus Kristus akan dilelang pada 27 Januari mendatang di Sotheby's di New York, setahun setelah sebuah karya master Renaissance Italia itu mencetak rekor senilai 92 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara sebagian besar karya Sandro Botticelli, yang punya nama asli Alessandro di Mariano Filipepi, seperti Allegory of Spring yang terkenal dan Birth of Venus, dipajang di galeri Uffizi di Florence, Italia, dengan karya-karya yang beredar di koleksi pribadi sangat langka.

"Yang di tangan pribadi, kami rasa hanya ada sekitar lima atau lebih yang kami ketahui di luar sana," kata Christopher Apostle, kepala departemen Old Masters Sotheby, kepada AFP.

Man of Sorrows adalah potret lukisan Yesus dengan latar hitam, menatap tajam, mahkota duri di kepala dikelilingi malaikat, tangannya diikat tali dan bekas luka.

"Gambar ini dilukis Botticelli saat mulai berusia senja, mungkin dilukis ketika dia berusia akhir 50-an," sekitar tahun 1500-an, kata Apostle.

Baca Juga: Lukisan Frida Kahlo Terjual Rp497 Miliar

Karya Sandro Botticelli bertajuk 'Man of Sorrows' ini diperkirakan akan terlelang senilai lebih dari 92 juta dolar di Balai Lelang Sotheby, London (Sumber: Sotheby London)

"Seiring bertambahnya usia seseorang, mereka menjadi lebih introspektif, lebih metafisik, lebih spiritual. Dan saya pikir Anda melihat itu secara mendalam dalam gambar ini," katanya.

Lukisan yang terpelihara dengan baik itu tetap menjadi milik keluarga kolektor seni yang sama, yang membagi waktu mereka antara Inggris dan Italia, sejak pertengahan abad ke-19, sebelum dijual kepada pemiliknya saat ini pada tahun 1963 dalam lelang seharga 10.000 pound di Sotheby's.

"Itu akan menjadi harga yang signifikan pada saat itu," kata Apostle.

Rumah lelang Sotheby's menetapkan perkiraan hasil lelang lebih dari 40 juta dolar AS.

Pada Januari 2021, sebuah lukisan Botticelli berjudul Young Man Holding a Roundel terjual seharga 92,2 juta dolar AS dalam lelang di Sotheby's di New York.

Itu adalah rekor lelang untuk pelukis Italia, yang lukisan dindingnya menghiasi Sistine Chapel di Vatikan.



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x