Kompas TV nasional politik

Ridwan Kamil Cerita Leluhurnya Panglima Hisbullah, Didoakan Jadi Presiden 2024

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 10:07 WIB
ridwan-kamil-cerita-leluhurnya-panglima-hisbullah-didoakan-jadi-presiden-2024
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Kamis (20/1/2022) malam. Ridwan Kamil saat ziarah juga cerita soal leluhurnya Hisbullah dan sempat didoakan jadi Presiden 2024 (Sumber: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bercerita dirinya adalah salah satu keturunan dari Hisbullah. Bahkan kakek Ridwan Kamil merupakan Panglima Hisbullah.

Hisbullah adalah laskar masa revolusi Indonesia yang terdiri dari para kiai, ulama dan rakyat yang menentang penjajahan Belanda.

Hal ini diceritakan Ridwan Kamil saat ziarah di area Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Jumat (21/1/2022).

Beliau berziarah ke makam Gus Solah hingga ulama pendiri NU, Hadratusyaikh Hasyim Asy'ari. 

Leluhurnya ini, cerita Ridwan Kamil, juga bertaut dengan ulama-ulama yang ia kunjungi makamnya di Jawa Timur, khususnya Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari.  

"Leluhur saya, yakni kakek saya juga pengurus sekaligus panglima Hisbullah pada zamannya, menyambungkan tali sejarah itu penting yah, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah," ujar Ridwan Kamil sebagaimana dikutip Antara, Jumat (21/1).

Baca Juga: Ridwan Kamil: Sejarah NU Jangan Dihilangkan pada Narasi Pendidikan Normal

Ridwan Kamil Ke Jawa Timur Bukan untuk Pilpres, tapi... 

Ridwan Kamil menegaskan bahwa kunjungannya ke Jawa Timur bukan untuk Pilpres 2024, melainkan ada perjanjian kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Jawa Timur.

Adapun perjanjian itu adalah soal sektor swasembada pangan.

"Ada dua perjanjian besar Pemprov Jabar dan Jatim terkait perdagangan dan UMKM, setelah itu,” tambahnya.

Selain itu, sembari melakukan kunjungan kerja, maka ia ingin menyambung silaturahim batin dengan cara berziarah ke makam-makam ulama NU.

Ridwan Kamil diketahui juga adalah bagian dari Pesantren NU di wilayah Jawa Barat.

“Tentu lah saya mau mengunjungi dan ziarah ke sejarah asal Nahdatul Ulama di mana saya kan bagian dari pesantren Nahdatul Ulama di Jabar," katanya.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.