Kompas TV nasional sosok

Dokter Oen, Dokter Raja Mangkunegara hingga Jenderal Sudirman, Penolong Kaum Papa

Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:33 WIB
dokter-oen-dokter-raja-mangkunegara-hingga-jenderal-sudirman-penolong-kaum-papa
Dokter Oen Boeng Ing (Sumber:Kompas.Com/PBK -)

Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Oen Boeng Ing merupakan sosok dokter yang menjadi legenda di Solo, Jawa Tengah karena jasa-jasanya dalam mengobati warga di sana.

Namun dia bukan dokter biasa, sebab dokter Oen tidak pernah menentukan tarif. Masyarakat yang datang boleh membayar semampunya, bahkan tidak bayar pun tidak masalah.

Dalam buku Pelangi Cina di Indonesia (terbitan PT Intisari Mediatama), terdapat catatan dari Julius Pour tentang sosok dokter kelahiran 3 Maret 1903 ini:

"Ketika ada orang bercerita bahwa dr Oen biasa berpraktik sejak pukul 03.00, saya sangsi. Sebagai wartawan saya merasa perlu datang untuk membuktikannya," kata Julius Pour yang kala itu menjadi wartawan harian KOMPAS.

Baca Juga: Palsukan Suket PCR, Oknum Dokter Kecantikan Di Tangkap

Maka, dia pun datang sejak pagi buta di hari Senin saat hari hujan. Peristiwa itu terjadi pada 1975. Setelah sampai tempat praktiknya, benar saja, pasien sudah membludak di sana, di depan sebuah rumah sederhana di Pasar Legi, Solo. 

Tepat pukul 03.00, dokter Oen memanggil satu persatu pasien yang sudah menunggu. Bila sudah diperiksa, tinggal menunggu resep. Setelah itu, pasien dipersilakan bila mau membayar tinggal meletakkan uang di meja periksa. Kalau tidak mau bayar, dipersilakan pergi.

Ternyata, dokter yang masih buka praktik di usia senja itu, buka setiap hari tanpa pamrih tanpa memikirkan hal lain. "Tugas dokter adalah menyembuhkan, tidak lain," katanya.

Sebenarnya dokter Oen adalah dokter berkelas. Pada 1944, dia menjadi dokter pribadi Raja Mangkunegara dan keluarganya. Atas jasa tersebut dia pun menerima gelar KRT (Kanjeng Raden Tumenggung) Obi Darmohusodo. 

Masih di zaman revolusi kemerdekaan, dia banyak membantu para pejuang. Bahkan, dialah yang memasok penisilin kepada Jenderal Sudirman yang kala itu menderita penyakit TBC.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19