Kompas TV nasional berita utama

Panglima TNI Tanda Tangani Pengangkatan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 09:33 WIB
panglima-tni-tanda-tangani-pengangkatan-mayjen-tni-maruli-simanjuntak-sebagai-pangkostrad
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat sebagai Pangkostrad. (Sumber: Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Teka-teki kekosongan kursi Pangkostrad akhirnya terjawab. Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa pun telah menandatangani surat keputusan Jabatan Pangkostrad, termasuk juga untuk Jabatan Pangkoarmada, dan Pangkoopsudnas.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Prantara Santosa, melalui pesan WhatsApp, Sabtu (22/1/2022).

Surat keputusan tersebut telah ditandatangani oleh Panglima TNI pada Jumat Malam 21 Januari 2022.

“Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI,” Mayjen Pranata menjelaskan.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Beri Bocoran, Pangkostrad akan Dijabat Jenderal Bintang 2

Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 diantaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI (diamanatkan dalam Perpres no. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI).

“Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” imbuhnya.

Dalam surat keputusan tersebut, Panglima TNI telah memutuskan 10 Jabatan Perwira Tinggi Bintang tiga.

“Keputusan Panglima TNI tersebut adalah Pangkogabwilhan 3 (dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa),” tutur Pranata.

Selanjutnya, Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari, Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Baca Juga: Panglima TNI Bantah Ada Tarik Menarik untuk Kursi Pangkostrad: Sama Sekali Tidak Ada

“Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.”

Selanjutnya, Dankodiklatad dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo, Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Dan Pushidrosal dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat.

Kemudian, Dan Kodiklatal dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono, Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono, serta Dan Kodiklatau dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso.

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, kursi Pangkostrad kosong setelah Jenderal TNI Dudung Abdurachman diangkat oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) beberapa waktu lalu.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x