Kompas TV internasional kompas dunia

Latihan Militer Besar, Rusia Kirim Dua Batalyon Rudal S-400 ke Belarusia dan Satu Skadron Su-35

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 01:05 WIB
latihan-militer-besar-rusia-kirim-dua-batalyon-rudal-s-400-ke-belarusia-dan-satu-skadron-su-35
Sistem peluru kendali S-400. Militer Rusia mengirim dua batalyon sistem peluru kendali S-400 untuk bergabung dalam latihan militer besar-besaran di Belarusia pada bulan Februari 2022, seperti dilansir Interfax hari Jumat. (Sumber: Sputnik News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Militer Rusia mengirim dua batalyon sistem peluru kendali S-400 untuk bergabung dalam latihan militer besar-besaran di Belarusia pada bulan Februari 2022, seperti dilansir Interfax, Jumat (21/1/2022).

Latihan militer di Belarusia itu digelar saat ketegangan makin meruncing antara Rusia dengan negara-negara Barat, terutama dengan Amerika Serikat tentang Ukraina.

Pasukan dan persenjataan Rusia mulai tiba di Belarusia untuk latihan militer "Allied Resolve" yang digelar di dekat perbatasan barat Belarusia dengan Polandia dan Lithuania, dan dekat dengan wilayah selatan perbatasan Ukraina.

Negara-negara Barat khawatir Rusia sedang merencanakan serangan baru terhadap Ukraina yang pernah diserbu pada 2014.

Baca Juga: Rusia dan Belarusia Berencana Gelar Latihan Tempur Bulan Depan

Sebuah kendaraan lapis baja Rusia melaju dari peron kereta api setelah tiba di Belarus, Rabu, 19 Januari 2022. Memperkuat pasukan di perbatasan Ukraina, Rusia mengirim sejumlah pasukan dari timur jauh negara itu ke sekutunya Belarusia, yang berbagi perbatasan dengan Ukraina, untuk latihan perang besar bulan depan. (Sumber: Russian Defense Ministry Press Service via AP)

Rusia saat ini mengumpulkan puluhan ribu tentara dan senjata berat di perbatasan dengan Ukraina, namun pemerintah Rusia membantah tuduhan tentang rencana invasi tersebut.

Sementara itu, Lithuania juga mengatakan penumpukan pasukan Rusia di perbatasan merupakan ancaman bagi keamanannya.

Kemenhan Rusia mengatakan dua batalyon S-400 yang masing-masing berisi delapan sistem rudal anti-pesawat mulai bergerak dari Timur Jauh dengan kereta api, kata Interfax.

Moskow mengatakan bahwa 12 jet tempur Sukhoi Su-35 dan sistem rudal Pantsir juga akan dikerahkan ke Belarus untuk latihan militer tersebut.

 



Sumber : Interfax/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x