Kompas TV internasional kompas dunia

Wali Kota Inggris Tentang Pencabutan Kewajiban Pakai Masker yang Diumumkan PM Boris Johnson

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 21:09 WIB
wali-kota-inggris-tentang-pencabutan-kewajiban-pakai-masker-yang-diumumkan-pm-boris-johnson

Ilustrasi warga London di kawasan belanja papan atas Regent Street hari Minggu, 28 November 2021. Para penumpang bus, kereta api, juga trem di London, Inggris, harus tetap mengenakan masker, kata Wali Kota London Sadiq Khan, Jumat (21/1/2022). Padahal sebelumnya, Perdana Menteri Boris Johnson telah mengumumkan berakhirnya pembatasan pandemi, termasuk mencabut kewajiban mengenakan masker dalam tranportasi publik, pertokoan dan sekolah. (Sumber: AP Photo/Alberto Pezzali)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV – Para penumpang bus, kereta api, juga trem di London, Inggris, harus tetap mengenakan masker. Hal ini diungkap Wali Kota London Sadiq Khan, seperti dikutip dari BBC, Jumat (21/1/2022).

Padahal sebelumnya, Perdana Menteri Boris Johnson telah mengumumkan berakhirnya pembatasan pandemi Rencana B. Ini termasuk mencabut kewajiban mengenakan masker dalam tranportasi publik, pertokoan dan sekolah.

Pembatasan yang diperkenalkan pada Desember ini juga mendorong agar warga bekerja dari rumah dan mewajibkan penggunaan kartu Covid untuk beberapa acara besar. 

Pada Rabu (19/1/2022) lalu, usai memeriksa data terbaru, Johnson menyatakan pada parlemen bahwa pembatasan pandemi itu akan berakhir pada 26 Januari mendatang.

Baca Juga: Cabut Pembatasan Covid-19, Inggris Tak Lagi Wajibkan Warganya Menggunakan Masker Mulai Pekan Depan

Namun, lantaran adanya ancaman varian Omicron, tekan Khan, para penumpang harus tetap mengenakan penutup wajah sebagai syarat pengangkutan. Apalagi, sekitar 30 persen warga London belum divaksinasi.

Bertentangan dengan Johnson, Khan justru menginginkan agar warga London tetap mengenakan masker. 

“Sayangnya, ini bukan akhir pertempuran kita melawan virus,” kata Khan. 

“Jika kita telah belajar dari pandemi, itu adalah kita tak boleh berpuas diri dan merusak semua kerja keras dan pengorbanan kita. Itu sebabnya penutup wajah akan tetap jadi syarat pengangkutan layanan TfL (Transport for London, atau transportasi untuk London),” imbuhnya. 

Baca Juga: Inggris Bersiap jika Rusia Serang Ukraina, Pasukan Khusus Rahasia SAS Disiagakan

Wali Kota London Sadiq Khan meminta agar warga London tetap mengenakan masker dalam transportasi publik, pertokoan, dan sekolah. (Sumber: AP Photo/Alberto Pezzali)

Khan bahkan menyerukan pada warganya untuk melakukan hal yang benar.

“Saya meminta setiap orang di ibu kota kita untuk melakukan hal yang benar dan tetap mengenakan penutup wajah saat bepergian menggunakan layanan TfL demi melindungi kita semua dan mencegah pembatasan lebih lanjut yang diperlukan di kemudian hari,” tutur Khan.

Hingga 17 Januari, data pemerintah mencatat 19.450 orang dirawat di rumah sakit di Inggris akibat terpapar Covid-19. 

Baca Juga: China Bantah Tuduhan Inggris Miliki Mata-Mata di Parlemen: Mereka Terobsesi James Bond 007

Angka ini menurun 2 persen dari minggu ke minggu, meskipun jumlahnya sedikit meningkat dalam dua hari terakhir. Per Selasa (18/1), Inggris mencatat sebanyak 94.432 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi laboratorium. Sementara, sebanyak 438 orang dilaporkan telah meninggal dalam 28 hari setelah terbukti positif terpapar Covid, hingga total angka kematian mencapai 152.513 jiwa.  

Adapun langkah-langkah Rencana B diberlakukan untuk memerangi gelombang kasus yang dipicu oleh varian Omicron. Tujuannya, mengulur waktu (puncak Covid-19) demi melakukan lebih banyak vaksinasi.

 



Sumber : BBC

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.