Kompas TV internasional kompas dunia

Wali Kota Inggris Tentang Pencabutan Kewajiban Pakai Masker yang Diumumkan PM Boris Johnson

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:09 WIB
wali-kota-inggris-tentang-pencabutan-kewajiban-pakai-masker-yang-diumumkan-pm-boris-johnson

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Ilustrasi warga London di kawasan belanja papan atas Regent Street hari Minggu, 28 November 2021. Para penumpang bus, kereta api, juga trem di London, Inggris, harus tetap mengenakan masker, kata Wali Kota London Sadiq Khan, Jumat (21/1/2022). Padahal sebelumnya, Perdana Menteri Boris Johnson telah mengumumkan berakhirnya pembatasan pandemi, termasuk mencabut kewajiban mengenakan masker dalam tranportasi publik, pertokoan dan sekolah. (Sumber: AP Photo/Alberto Pezzali)

LONDON, KOMPAS.TV – Para penumpang bus, kereta api, juga trem di London, Inggris, harus tetap mengenakan masker. Hal ini diungkap Wali Kota London Sadiq Khan, seperti dikutip dari BBC, Jumat (21/1/2022).

Padahal sebelumnya, Perdana Menteri Boris Johnson telah mengumumkan berakhirnya pembatasan pandemi Rencana B. Ini termasuk mencabut kewajiban mengenakan masker dalam tranportasi publik, pertokoan dan sekolah.

Pembatasan yang diperkenalkan pada Desember ini juga mendorong agar warga bekerja dari rumah dan mewajibkan penggunaan kartu Covid untuk beberapa acara besar. 

Pada Rabu (19/1/2022) lalu, usai memeriksa data terbaru, Johnson menyatakan pada parlemen bahwa pembatasan pandemi itu akan berakhir pada 26 Januari mendatang.

Baca Juga: Cabut Pembatasan Covid-19, Inggris Tak Lagi Wajibkan Warganya Menggunakan Masker Mulai Pekan Depan

Namun, lantaran adanya ancaman varian Omicron, tekan Khan, para penumpang harus tetap mengenakan penutup wajah sebagai syarat pengangkutan. Apalagi, sekitar 30 persen warga London belum divaksinasi.

Bertentangan dengan Johnson, Khan justru menginginkan agar warga London tetap mengenakan masker. 

“Sayangnya, ini bukan akhir pertempuran kita melawan virus,” kata Khan. 

“Jika kita telah belajar dari pandemi, itu adalah kita tak boleh berpuas diri dan merusak semua kerja keras dan pengorbanan kita. Itu sebabnya penutup wajah akan tetap jadi syarat pengangkutan layanan TfL (Transport for London, atau transportasi untuk London),” imbuhnya. 

Sumber : BBC


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19