Kompas TV nasional berita utama

Pengamat soal Pengusiran Sekjen Kemensos: Kurang Proporsional dan Berlebihan

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 18:56 WIB
pengamat-soal-pengusiran-sekjen-kemensos-kurang-proporsional-dan-berlebihan
Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat diusir dalam rapat kerja dengan Komisi VIII pada 19 Januari 2022. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sikap Anggota Komisi VIII Muhammad Ali Ridha dinilai tidak proporsional dan berlebihan soal pengusiran Sekjen Kementerian Sosial Harry Hikmat dari rapat kerja di DPR.

Pernyataan itu disampaikan oleh Pengamat Politik dari Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti dalam Kompas Petang, Jumat (21/1/2022).

“Ini kurang proporsional, ini kan lalu lintas saja dari salah satu Anggota Komisi VIII dengan Sekjen Kemensos yang kemudian pernyataan itu dianggap sebagai tanda kutip penghinaan kepada Komisi VIII secara menyeluruh,” ucap Ray.

Ray tidak memungkiri pernyataan yang diungkapkan Sekjen Kementerian Sosial Harry Hikmat kepada Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar Ace Hasan Syadzily bisa dipersoalkan.

“Tetapi pengusiran adalah suatu tindakan yang berlebihan karena pada saat yang bersamaan kalimat itu bisa langsung ditanyakan di forum itu juga,” ujar Ray.

Baca Juga: Pengusiran Sekjen Kemensos dan Komnas Perempuan, DPR Disebut Frustrasi dan Tumpul

“Apalagi ada Ibu Menteri saat itu kan, jadi lebih bisa diklarifikasi, maksudnya apa? Tujuannya apa? Lalu diperingatkan,” tambah Ray.

Kemudian, Ray menambahkan, sepatutnya Komisi VIII DPR langsung menghubungi Mensos Tri Rismaharini jika memang ada yang tidak tepat terkait kerja-kerja dengan Kementerian Sosial.

“Biarlah nanti Ibu Menteri yang meminta staf-stafnya, entah itu Sekjen yang menjawab mengapa situasi itu terjadi,” kata Ray.

“Jadi jangan juga anggota Komisi VIII menurunkan wibawanya langsung berhadap-hadapan dengan Sekjen, padahal yang utama rekan kerja mereka itu menterinya,” tambah Ray.

Sebelumnya, Anggota DPR Komisi VIII dari Fraksi Golkar Muhammad Ali Ridha buka suara alasan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat diusir dalam rapat kerja pada 19 Januari 2022.

Baca Juga: Sekjen Kemensos Diusir Saat Rapat dengan Komisi VIII DPR, Risma Minta Maaf



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x