Kompas TV advertorial

Provinsi Bali Kejar Transformasi Digital Pulau Pintar dengan AWS Cloud

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:32 WIB
provinsi-bali-kejar-transformasi-digital-pulau-pintar-dengan-aws-cloud
Ilustrasi layanan cloud dorong efisiensi penerapan pulau pintar Bali atau Bali Smart Island. (Sumber: Getty Images/Zephyr18)

Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagai pulau pariwisata yang dikenal di mancanegara, Provinsi Bali memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Untuk mengoptimalkan keunggulan tersebut, pemerintah berencana mewujudkan Bali Smart Island melalui upaya transformasi digital.

Kepala Diskominfo Bali, Gede Pramana menuturkan, Provinsi Bali memiliki visi untuk mewujudkan era baru melalui pembangunan yang terukur.

“Visi pemerintah Provinsi Bali adalah Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana, menuju Bali era baru. Untuk mewujudkan Bali Era Baru itu meliputi tiga dimensi utama, yaitu menjaga keseimbangan alam, karma, dan kebudayaan,” kata Gede dalam gelaran AWS Cloud Day Indonesia 2021.

Guna mendukung terwujudnya Bali Smart Island, Gede menyadari pentingnya dukungan teknologi cloud untuk meningkatkan skalabilitas pusat data konvensional milik mereka.

Terlebih di tengah gelombang pandemi Covid-19, Diskominfo dituntut untuk memberikan solusi layanan publik yang lebih baik.

“Diskominfo mengemban misi untuk mengembangkan sistem tata kelola pemerintah daerah yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel, dan bersih, serta meningkatkan pelayanan publik terpadu yang pasti, cepat, dan murah,” tutur Gede.

Layanan cloud dinilai dapat membantu pemerintahan di berbagai tingkat untuk meningkatkan inovasi, agility, dan resiliency, sekaligus mengurangi harga.

Baca Juga: Demokratisasi Akses Layanan Kesehatan dengan Teknologi Cloud

Gede berharap, transformasi digital Bali melalui cloud dapat memberikan layanan yang lebih cepat kepada warganya dan untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

“Diskominfo harus mentransformasikan segala sesuatu yang selama ini dilaksanakan secara konvensional menuju ke arah digital sehingga kami membuat suatu rencana induk SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) menuju Bali Smart Island tahun 2020-2024,” jelas Gede.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19