Kompas TV video sinau

Intip Asal-usul Cone Es Krim, Sudah Ada Sejak Tahun 1800-an

Minggu, 23 Januari 2022 | 20:10 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Es krim adalah salah satu dessert atau hidangan penutup yang jadi favorit banyak orang. Kudapan ini biasa disajikan dalam wadah seperti mangkuk, cup, atau menggunakan cone.

Tahukah kamu asal-usul cone es krim? Wafel tipis renyah yang berbentuk kerucut ini pertama kali muncul di Amerika Serikat, dan ternyata sudah ada sejak seabad yang lalu.

Sebelum cone diciptakan, es krim disajikan menggunakan piring atau wadah kecil. Kedai es krim pun seringkali kesulitan mencuci piring dengan cepat ketika pelanggan yang datang cukup banyak.

Dilansir dari International Dairy Foods Association, cone pertama diproduksi pada 1896 oleh imigran asal Italia bernama Italo Marchiony. Dia mematenkan produknya tersebut pada Desember 1903, dan dikenal sebagai penemu wadah es krim berbentuk kerucut.

Meski Itali Marchiony adalah pencetus cone, nama yang lebih terkenal sebagai penemu cone es krim adalah Ernest A. Hamwi, penjual kue kering semacam wafel di St. Louis World’s Fair pada 1904.

Saat itu, pedagang es krim yang berjualan di sampingnya kehabisan wadah saji. Hamwi menawarkan solusi dengan menggulung wafel kering buatannya hingga menyerupai kerucut, lalu memberikannya kepada penjual es krim.

Penjual es krim kemudian meletakkan es krimnya di atas cone, dan para pelanggan sangat menyukainya. Sejak saat itu, es krim dengan wadah cone menjadi populer hampir ke seluruh dunia.

Dalam perkembangannya, ada dua jenis cone yang biasa dijumpai dalam penyajian es krim.

Ada cone yang dibuat dari wafel bulat yang digulung, dan ada juga adonan cone yang dicetak berbentuk kerucut menggunakan alat khusus.

Meski begitu, keduanya sama-sama diminati dan tentunya menghasilkan lebih sedikit sampah bekas wadah es krim yang terbuat dari plastik maupun kertas.

(*)

Video Editor & Grafis: Agus Eko

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19