Kompas TV video sinau

5 Negara di Dunia yang Pernah Pindah Ibu Kota, Apa Saja?

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 19:15 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Pemerintah memilih Nusantara sebagai nama ibu kota baru di Kalimantan Timur. Rencana pemindahan ibu kota Indonesia masih jadi topik perbincangan, dan tentunya membutuhkan banyak persiapan. 

Namun, Indonesia bukan negara pertama yang melakukannya. Berikut beberapa negara yang juga pernah memindahkan ibu kotanya:

1. Brasil

Pada 1960, Brasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia karena kepadatan penduduk dan tingkat kemacetan yang cukup tinggi.

Brasilia yang dirancang khusus untuk menjadi ibu kota. Dengan konsep arsitektur yang modern, kota ini masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1987.

2. India

New Delhi diresmikan sebagai ibu kota India pada 1931, dari yang semula beribu kota di Kolkata. Pembangunannya dirancang oleh arsitek asal Inggris, dan memakan waktu 20 tahun.

Sebelum kota tersebut dibangun sepenuhnya, kantor pemerintahan dan administrasi telah dipindahkan satu persatu dari Kolkata ke Delhi.

Baca Juga: UU IKN Resmi Disahkan, Nusantara Disetujui Jadi Nama Ibu Kota Baru

3. Kazakhstan

Pada 1997, pemerintah Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana, dengan mempersiapkan Astana menjadi kota yang lebih futuristik.

Astana berganti nama menjadi Nur-Sultan pada 2019 untuk menghormati mantan presiden Nursultan Nazarbayev.

4. Myanmar

Myanmar memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Naypyidaw pada 2005, namun tidak ada keterangan resmi mengapa ibu kotanya dipindah.

Kota Naypyidaw dengan luas wilayah sebesar 7.054 kilometer persegi ini lebih kosong karena populasi 924.608 jiwa tidak sebanding dengan luas wilayah yang dimiliki.

5. Pakistan

Pakistan memindahkan ibu kota negaranya dari Karachi ke Islamabad, yang dibangun khusus pada tahun 1960-an.

Melansir worldpopulationreview, kota yang terletak di dataran tinggi Pothohar ini memiliki populasi sekitar 1,1 juta jiwa pada 2021, dan dikenal dengan pemandangan hijau serta standar hidup berkualitas.

(*)

Video Editor & Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x