Kompas TV video sinau

5 Negara di Dunia yang Pernah Pindah Ibu Kota, Apa Saja?

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:15 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Pemerintah memilih Nusantara sebagai nama ibu kota baru di Kalimantan Timur. Rencana pemindahan ibu kota Indonesia masih jadi topik perbincangan, dan tentunya membutuhkan banyak persiapan. 

Namun, Indonesia bukan negara pertama yang melakukannya. Berikut beberapa negara yang juga pernah memindahkan ibu kotanya:

1. Brasil

Pada 1960, Brasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia karena kepadatan penduduk dan tingkat kemacetan yang cukup tinggi.

Brasilia yang dirancang khusus untuk menjadi ibu kota. Dengan konsep arsitektur yang modern, kota ini masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1987.

2. India

New Delhi diresmikan sebagai ibu kota India pada 1931, dari yang semula beribu kota di Kolkata. Pembangunannya dirancang oleh arsitek asal Inggris, dan memakan waktu 20 tahun.

Sebelum kota tersebut dibangun sepenuhnya, kantor pemerintahan dan administrasi telah dipindahkan satu persatu dari Kolkata ke Delhi.

Baca Juga: UU IKN Resmi Disahkan, Nusantara Disetujui Jadi Nama Ibu Kota Baru

3. Kazakhstan

Pada 1997, pemerintah Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana, dengan mempersiapkan Astana menjadi kota yang lebih futuristik.

Astana berganti nama menjadi Nur-Sultan pada 2019 untuk menghormati mantan presiden Nursultan Nazarbayev.

4. Myanmar

Myanmar memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Naypyidaw pada 2005, namun tidak ada keterangan resmi mengapa ibu kotanya dipindah.

Kota Naypyidaw dengan luas wilayah sebesar 7.054 kilometer persegi ini lebih kosong karena populasi 924.608 jiwa tidak sebanding dengan luas wilayah yang dimiliki.

5. Pakistan

Pakistan memindahkan ibu kota negaranya dari Karachi ke Islamabad, yang dibangun khusus pada tahun 1960-an.

Melansir worldpopulationreview, kota yang terletak di dataran tinggi Pothohar ini memiliki populasi sekitar 1,1 juta jiwa pada 2021, dan dikenal dengan pemandangan hijau serta standar hidup berkualitas.

(*)

Video Editor & Grafis: Agus Eko

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19