Kompas TV nasional politik

Cak Imin: Saya Dapat Perintah Kiai-kiai untuk Jadi Capres di Pilpres 2024

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 14:30 WIB
cak-imin-saya-dapat-perintah-kiai-kiai-untuk-jadi-capres-di-pilpres-2024
Muhaimin Iskandar atau biasa Cak Imin atau Gus Muhaimin dalam acara PKB. Pengamat dari The Political Literacy menilai efek PBNU Era Gus Yahya bisa menggerus suara PKB (Sumber: Dokumentasi PKB)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar membeberkan alasan dirinya ingin maju dalam gelaran Pilpres 2024 sebagai calon presiden (Capres).

Cak Imin, sapaan akrabnya, mengaku mendapatkan perintah dari kiai-kiai di Indonesia agar maju sebagai peserta pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kapan hari saya ditanya wartawan kok pak Muhaimin percaya diri mau mencalonkan diri menjadi Presiden. Saya jawab saya bukan hanya percaya diri, (tapi) saya diperintah oleh Kiai-Kiai untuk maju menjadi Calon Presiden dari berbagai penjuru tanah air. Ini bukan soal percaya diri, tapi soal perintah,” kata pria yang karib disapa Cak Imin itu dalam keterangan tertulis, Jumat (21/1/2021). 

Wakil Ketua DPR itu menyatakan, dirinya akan terus melakukan konsolidasi ke seluruh pihak demi mendapatkan dukungan sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Jokowi Sudah Setujui Prabowo Subianto Maju jadi Capres 2024, Ini Jawaban Partai Gerindra!

“Kemarin siang juga konsolidasi Gus-Gus mengokohkan kembali tekad dan niat untuk istilah lagunya itu Mari Bung Rebut Kembali. Gus Dur yang dilengserkan waktu itu Gus Dur jadi Presiden, saatnya Mari Bung Rebut Kembali kursi presiden 2024 yang akan datang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dukungan para alim ulama tersebut didasari alasan karena dirinya merupakan kader terbaik NU yang berada di politik praktis.

Berangkat dari derasnya dukungan itu, ia menegaskan kepercayaan diri maju dalam sebagai capres. Apalagi, imbuh Gus Muhaimin, PKB saat ini merupakan partai Islam dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia.

“Kenapa percaya diri? Gimana enggak percaya diri, PKB hari ini adalah partai Islam terbesar di Indonesia dengan jumlah pemilih 13 juta lebih. Kurang percaya diri apa? Bahkan di papan tengah kita terbesar, bahkan survei-survei terbaru kita sudah meninggalkan papan tengah dan kini di papan atas. Tapi sayangnya papan atasnya masih juara dua,” kata dia.

Baca Juga: Cak Imin: Utang BUMN Akan Menjadi Beban Pemerintah

Di sisi lain, ia mendorong agar kemenangan PKB dapat direbut pada Pemilu 2024 mendatang. Jika hal itu bisa diwujudkan, dirinya semakin optimistis PKB dapat memenangi Pemilu di tingkat nasional.

“Insyallah kalau Banyuwangi bisa rebut kembali kemenangan (seperti Pemilu 1999), kita bisa juga rebut tingkat nasional. Karena itu Mari Bung Rebut Kembali,” katanya. 

Karena itu, Cak Imin memohon doa dan dukungan para Kiai, Ulama dan santri serta kerja keras seluruh kader PKB agar peluang tersebut dapat diwujudkan.

“Pokoknya Pemilu 2024 PKB Banyuwangi menang, insyaallah nasional juga akan menang. Karena itu kita punya tanggungjawab untuk bisa membuktikan efektivitas perjuangan politik PKB di dalam mewarnai kehidupan keumatan, kebangsaan, dan kenegaraan,” katanya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.