Kompas TV nasional peristiwa

Mabes Polri Kirim Tim TAA ke Balikpapan, Usut Penyebab Kecelakaan Beruntun yang Tewaskan 5 Orang

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 11:53 WIB
mabes-polri-kirim-tim-taa-ke-balikpapan-usut-penyebab-kecelakaan-beruntun-yang-tewaskan-5-orang
Mabes Polri mengirimkan Tim Traffic Acciden Analisis (TAA) Korlantas Polri ke lokasi kecelakaan beruntun di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Markas Besar (Mabes) Polri menerjunkan Tim Traffic Acciden Analisis (TAA) Korlantas Polri ke lokasi kecelakaan beruntun di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan pelibatan Tim TAA ini untuk membantu dalam mengusut kecelakaan beruntun tersebut.

"Di Mabes Polri, Tim TAA Korlantas akan diturunkan ke tempat kejadian perkara," kata Dedi, Jumat (21/1/2022). 

"Tim turun ke TKP untuk back up proses pembuktian secara ilmiah penyebab laka menonjol tersebut," ujarnya. 

Menurut dian, kecelakaan truk tronton menghantam 20 kendaraan yang berupa kendaraan roda dua dan roda empat di turunan Simpang Muara Rapak itu menjadi atensi pimpinan.

Pasalnya, lanjut dia, peristiwa yang menonjol menarik perhatian masyarakat ini telah mengakibatkan lima korban meninggal dunia, dan belasan orang luka-luka.

Diberitakan KOMPAS TV sebelumnya, kecelakaan maut tersebut terjadi pada Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 06.15 Wita. 

Baca Juga: Begini Kronologi Truk Tronton Tabrak 20 Kendaraan di Balikpapan yang Tewaskan 5 Orang

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo menuturkan kejadian ini diduga diakibatkan karena truk tronton bermuatan kontainer 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton itu mengalami rem blong.

"Awalnya dari antrian lampu merah simpang Rapak itu dari belakang tiba-tiba meluncur sebuah truk tronton, karena kondisi jalan tersebut menurun, dan truk tronton secara teknis dari hasil pemeriksaan kita remnya blong dan menabrak kendaraan yang mengantre lampu merah di depannya," ujarnya.

Adapun total kendaraan yang dihantam truk tersebut berjumlah 20 unit. Di antaranya  enam kendaraan roda empat dan 14 unit sepeda motor.

Dia menuturkan saat ini sopir truk telah diamankan dan kini sedang menjalani pemeriksaan di Polresta Balikpapan.

"Sopir sudah diamankan di Polresta Balikpapan saat ini sedang menjalani pemeriksaan dan pendalaman," ungkap Kabid Humas.

Sementara itu, dari data sementara yang dihimpun pihak kepolisian terkait korban, tercatat ada 5 orang yang meninggal dunia di tempat. Luka berat 13 orang, dan sejumlah korban dibawa ke rumah sakit terdekat di Balikpapan. Yakni Rumah Sakit Umum Kanujoso, Rumah Sakit Beriman, dan Rumah Sakit Ibnu Sina.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Simpang Muara Rapak Balikpapan, Polda Kaltim: Ya, Sebelumnya Pernah Terjadi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x