Kompas TV regional berita daerah

Longsor Membuat Akses Desa di Temanggung Terputus

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 09:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Setelah hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, akses menuju Dusun Mblondang, Desa Gandon dengan Desa Gandulan Kecamatan Kaloran, terputus akibat longsor.

Longsor sepanjang 12 meter ini diduga karena saluran air yang berada di bawah jalan terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung derasnya aliran air. Jalan tersebut merupakan akses utama yang digunakan oleh warga untuk menuju Kota Temanggung maupun Kecamatan Kaloran. Akibat kejadian ini aktivitas warga terganggu lantaran akses penghubung dua desa terputus dan tidak bisa di lalui. Warga terpaksa memutar jalan melalui jalur lain yang lebih jauh hingga lima kilometer untuk keluar masuk desa.

"Jalur air di bawah jalan belum sempurna masih sempit dan belum lebar. Karena ini akan dipakai untuk uji coba air mengalir, kebetulan ini masih tanggungjawab kontraktor yang pertama. Adanya musibah atau bencana ini ada hikmahnya, nanti akan dijadikan lebih baik lagi, jalurnya lebih lebar dan lebih luas akses untuk air mengalir," ujar Muhammad Jafar, Camat Kaloran.

Diharapkan dengan adanya kejadian ini saluran air yang berada di bawah jalan bisa dibuat yang lebih besar, agar kejadian serupa tidak terulang.

#jalanputus #longsor #temanggung

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.