Kompas TV internasional kompas dunia

Pasca Letusan Gunung Berapi, Tonga dapat Bantuan Pertama: Bawa Air, Generator dan Alat Komunikasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:02 WIB
pasca-letusan-gunung-berapi-tonga-dapat-bantuan-pertama-bawa-air-generator-dan-alat-komunikasi
Pilot Wing Commander Dean Bolton, kiri, dan Letnan Penerbangan Alice McCabe bersiap untuk mendaratkan C-17A Globemaster III di Bandara Internasional Fuaamotu Tonga, dekat Nukualofa, Kamis, 20 Januari 2022. Pesawat ini membawa bantuan pertama untuk Tonga yang dihantam tsunami. (Sumber: LACW Emma Schwenke/Angkatan Pertahanan Australia via AP.)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Penerbangan pertama yang membawa air bersih dan bantuan lainnya ke Tonga akhirnya tiba Kamis (20/1/2022) setelah landasan utama bandara negara Pasifik itu dibersihkan dari abu yang ditinggalkan oleh letusan gunung berapi besar.

Selandia Baru dan Australia masing-masing mengirimkan rencana transportasi militer yang membawa wadah air, peralatan untuk tempat penampungan sementara, generator, perlengkapan kebersihan dan peralatan komunikasi.

Pesawat Australia juga memiliki penyapu khusus untuk membantu menjaga landasan pacu tetap bersih.

Baca Juga: Pesawat Pembawa Bantuan Akhirnya Mendarat di Tonga, tapi Warga Enggan Kontak Langsung

Pengiriman diturunkan tanpa adanya kontak antara personel militer dengan pekerja di bandara di Tonga, karena negara itu sangat ingin memastikan orang asing tidak membawa virus Corona.

Tonga adalah negara yang memberlakukan sistem proteksi ketat terhadap pandemi dan saat ini tidak ada wabah Covid-19 disana. Negara tersebut hanya melaporkan satu kasus Covid-19 sejak pandemi dimulai.

Australia mengatakan bantuan itu akan membantu pemerintah Tonga memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung upaya pembersihan dengan segera.

Jepang juga menyatakan akan mengirimkan bantuan darurat, termasuk air minum dan peralatan untuk membersihkan abu vulkanik. 

Baca Juga: NASA: Letusan Gunung Api Tonga Berkekuatan Lebih dari 600 Kali Ledakan Bom Atom Hiroshima

“Dua pesawat Hercules C-130 berangkat Kamis malam, dan sebuah kapal pengangkut yang membawa dua helikopter CH-47 Chinook akan segera berangkat setelah siap, kata Kementerian Pertahanan Jepang seperti dikutip dari The Associated Press.

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19