Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian: Bakteri yang Kebal Antibiotik Bunuh 1,2 Juta Orang di Dunia dalam Satu Tahun

Jumat, 21 Januari 2022 | 06:23 WIB
penelitian-bakteri-yang-kebal-antibiotik-bunuh-1-2-juta-orang-di-dunia-dalam-satu-tahun
Gambar mikroskop elektron ini menunjukkan bakteri Pseudomonas aeruginosa yang berbentuk batang. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan Kamis, 20 Januari 2022 dalam jurnal medis Lancet, kuman yang kebal antibiotik menyebabkan lebih dari 1,2 juta kematian secara global dalam satu tahun. (Sumber: Janice Haney Carr/CDC via AP)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Edy A. Putra

NEW YORK, KOMPAS.TV — Hasil penelitian terbaru menunjukkan bakteri yang kebal antibiotik menyebabkan lebih dari 1,2 juta kematian secara global dalam satu tahun.

Kuman super atau superbug telah menjadi salah satu pembunuh terkemuka di dunia, bersama dengan penyakit menular yang juga menyebabkan kematian tertinggi di dunia.

Penelitian baru ini diterbitkan oleh jurnal medis Lancet pada Kamis (20/1/2022). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengutip perkiraan global selama beberapa tahun, yang menunjukkan setidaknya 700.000 orang meninggal setiap tahun karena kuman yang kebal antibiotik. 

Namun demikian, para pejabat kesehatan juga mengakui bahwa sangat sedikit informasi yang dapat dikumpulkan dari banyak negara.

Baca Juga: Sri Lanka Larang Bongkar Muat Pupuk Organik Terkontaminasi Bakteri Berbahaya Asal China

Resistensi antimikroba terjadi ketika kuman seperti bakteri dan jamur memperoleh kekuatan untuk melawan obat yang dirancang untuk membunuh mereka. 

Masalah ini bukanlah hal baru, tetapi perhatian terhadap masalah ini tumbuh di tengah kekhawatiran tentang kurangnya obat baru yang ditemukan untuk melawan kuman.

Pejabat WHO mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa studi baru dengan jelas menunjukkan ancaman eksistensial yang ditimbulkan oleh kuman yang resistan terhadap obat.

Dalam beberapa dekade terakhir, pejabat kesehatan telah mencoba meningkatkan upaya untuk menemukan pendanaan dan solusi.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (AS) pada tahun 2019 memperkirakan bahwa lebih dari 35.000 warga AS meninggal setiap tahun karena infeksi bakteri yang kebal antibiotik. Sekitar 1 persen dari warga AS yang pernah mengalami infeksi semacam itu.


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19