Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Tegaskan, Tentara Rusia Manapun yang Masuk ke Ukraina akan Dianggap Sebagai Invasi

Jumat, 21 Januari 2022 | 07:10 WIB
biden-tegaskan-tentara-rusia-manapun-yang-masuk-ke-ukraina-akan-dianggap-sebagai-invasi
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan masuknya tentara Rusia ke Ukraina akan dipandang oleh Barat sebagai invasi. (Sumber: France24)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan masuknya tentara Rusia ke Ukraina akan dipandang oleh Barat sebagai invasi.

Hal ini diungkapkan Biden untuk mengklarifikasi pernyataannya sebelumnya yang mengatakan, serangan "kecil" dapat mengundang respons yang lebih rendah, seperti dilansir France24, Jumat (21/1/2022).

“Jika ada unit Rusia yang berkumpul lalu bergerak melintasi perbatasan Ukraina, itu adalah invasi,” kata Biden, menambahkan dia berkata sangat jelas tentang hal itu dengan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin.

"Itu akan ditanggapi respons ekonomi yang parah dan terkoordinasi yang telah saya diskusikan secara rinci dengan sekutu, serta dijelaskan dengan sangat jelas kepada Presiden Putin," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih.

"Rusia akan membayar harga yang mahal," kata Joe Biden tentang kemungkinan masuknya tentara Rusia ke Ukraina.

Namun, memperluas komentar yang dia buat pada hari Rabu bahwa "serangan kecil" oleh Rusia akan diperlakukan secara berbeda, Biden mengatakan, Moskow tidak perlu melakukan invasi standar dan menekankan pihaknya siap merespons.

Baca Juga: Makin Runyam, Amerika Serikat Izinkan Negara Baltik Kirim Senjata ke Ukraina untuk Hadapi Rusia

Kremlin mengatakan ancaman Presiden Amerika Serikat Joe Biden tentang kemungkinan konsekuensi bencana bagi Rusia justru tidak membantu mengurangi ketegangan tentang Ukraina (Sumber: Straits Times)

“Itu juga bukan satu-satunya skenario yang perlu kita persiapkan, karena Rusia memiliki sejarah panjang menggunakan tindakan selain tindakan militer terbuka untuk melakukan agresi. Taktik paramiliter, yang disebut serangan zona abu-abu dan aksi militer tentara Rusia yang tidak mengenakan seragam Rusia," kata Biden.

Dia mengatakan Moskow juga sering menggunakan serangan siber.

“Kami harus siap untuk menanggapi ini dengan cara yang tegas dan bersatu menggunakan berbagai alat yang kami miliki,” kata Biden.

Sumber : France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:34
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19