Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Umumkan Rencana Latihan Tempur Angkatan Laut Besar-besaran di 4 Lautan

Jumat, 21 Januari 2022 | 02:05 WIB
rusia-umumkan-rencana-latihan-tempur-angkatan-laut-besar-besaran-di-4-lautan
Taruna angkatan laut berjalan di sepanjang dermaga di pangkalan Angkatan Laut Kronshtadt, di luar Saint Petersburg, Rusia, pada 19 Januari 2022. Rusia pada Kamis (20/1/2022) mengumumkan mereka segera menggelar latihan angkatan laut besar-besaran di Atlantik, Arktik, Pasifik, dan Mediterania bulan ini dan Februari. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia pada Kamis (20/1/2022) mengumumkan segera menggelar latihan angkatan laut besar-besaran di Atlantik, Arktik, Pasifik, dan Mediterania bulan ini dan Februari.

Rencana ini diumumkan di tengah meruncingnya ketegangan dengan Amerika Serikat dan negara-negara Barat.

"Latihan itu akan melibatkan lebih 140 kapal perang dan kapal pendukung, lebih 60 pesawat, 1.000 peralatan militer, dan sekitar 10.000 prajurit," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Rusia yang dilansir Straits Times, Kamis (20/1/2022).

Pengumuman itu datang satu hari menjelang pertemuan di Jenewa antara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang bertujuan untuk meredakan ketegangan antara Kremlin dan Barat atas Ukraina.

Barat menuduh Rusia mengumpulkan sekitar 100.000 tentara di sekitar perbatasan bekas sekutu Sovietnya dan menuding Moskow sedang mempersiapkan invasi.

Rusia membantah klaim tersebut dan menuntut agar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) membatasi kehadirannya di Eropa Timur dan tidak menerima Ukraina sebagai anggota NATO.

Baca Juga: Peringatkan Ukraina, Menlu AS Antony Blinken: Rusia Bisa Menyerang dalam Waktu Dekat

Sebuah kendaraan lapis baja Rusia melaju dari peron kereta api setelah tiba di Belarus, Rabu, 19 Januari 2022. Dalam langkah yang semakin memperkuat pasukan di dekat Ukraina, Rusia mengirim sejumlah pasukan dari timur jauh negara itu ke sekutunya Belarusia, yang berbagi perbatasan dengan Ukraina, untuk latihan perang besar bulan depan. (Sumber: Russian Defense Ministry Press Service via AP)

Rusia juga berulang kali menuding latihan angkatan laut dan patroli udara Amerika Serikat di Laut Hitam memperburuk masalah keamanan Moskow.

Rusia saat ini mengadakan latihan angkatan laut bersama China dan Iran di Teluk Oman yang akan berakhir pada hari Sabtu. Mereka datang selama kunjungan pertama pemimpin Iran Ebrahim Raisi ke Rusia.

Pengumuman latihan terkoordinasi hari Kamis datang setelah Moskow mengatakan pada hari sebelumnya bahwa mereka telah melakukan uji coba rudal jelajah Kalibr dari kapal selam di Laut Jepang, yang menargetkan target berbasis darat.

Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19