Kompas TV internasional kompas dunia

Erupsi Gunung di Tonga Bantu Ilmuwan Luar Angkasa Pahami Mars, Apa Hubungannya?

Jumat, 21 Januari 2022 | 04:45 WIB
erupsi-gunung-di-tonga-bantu-ilmuwan-luar-angkasa-pahami-mars-apa-hubungannya
Pulau vulkanik Hunga Tonga Hunga Ha'apai di Tonga saat belum erupsi besar pada 7 Januari 2022. (Sumber: Planet via Nature.com)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

MARYLAND, KOMPAS.TV – Para peneliti NASA tengah mempelajari erupsi tak biasa gunung api bawah laut Hunga Tonga Hunga Ha’apai untuk mengungkap bentang alam di planet merah Mars.

Menurut peneliti badan antariksa Amerika Serikat itu, erupsi gunung api di Tonga itu membantu mereka memahami bagaimana bentang alam terbentuk di permukaan Mars dan Venus.

Erupsi tak biasa yang kekuatannya dikalkulasi lebih dari 500 kali kekuatan bom atom Hiroshima Jepang pada 1945 silam itu merupakan kesempatan langka untuk mempelajari interaksi antara air dan lava.

“Mempelajari gunung api Hunga Tonga Hunga Ha’apai dan evolusinya selama beberapa minggu belakangan ini penting untuk ilmu planet,” kata Petr Broz, ahli vulkanologi planet di Institus Geofisika di Akademi Ilmu Pengetahuan Ceko di Praha.

Baca Juga: Pesawat Pembawa Bantuan Akhirnya Mendarat di Tonga, tapi Warga Enggan Kontak Langsung

“Pengetahuan itu mungkin akan membantu kita mengungkap hasil interaksi air dan lava di planet merah dan (planet) lainnya di seantero Tata Surya,” imbuhnya, seperti dilansir dari Nature.com, Kamis (20/1/2022).

Kursi Barisan Depan

Pulau vulkanik yang mulai terbentuk dari abu dan lava yang dikeluarkan dari gunung api bawah laut pada awal 2015 itu menarik minat para peneliti, termasuk James Garvin, kepala ilmuwan di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, AS. Lantaran, ia mirip dengan struktur di Mars, dan mungkin juga Venus.

“Kami biasanya tidak melihat bentuk pulau,” jelas Garvin seraya mengimbuhkan, “Tapi (gunung api) yang ini menawarkan ‘kursi barisan depan’.”

Pulau vulkanik biasanya hanya bertahan selama beberapa bulan sebelum kemudian terkikis. Tetapi, Hunga Tonga Hunga Ha’apai bertahan selama bertahun-tahun. Hingga, memungkinkan tim Garvin menggunakan pengamatan satelit dan survei dasar laut untuk mempelajari bagaimana pulau-pulau itu terbentuk, terkikis, dan bertahan. 

Baca Juga: NASA: Letusan Gunung Api Tonga Berkekuatan Lebih dari 600 Kali Ledakan Bom Atom Hiroshima


Sumber : Nature.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19