Kompas TV regional berita daerah

Memasuki Cuaca Ekstrem, Kesiapsiagaan Relawan Bencana Ditingkatkan

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 20:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar apel relawan penanggulangan bencana alam. Kegiatan itu sebagai bentuk kesiapsiagaan relawan dalam menangani dan menanggulangi bencana alam.

Apel relawan penanggulangan bencana alam digelar di Alun - alun Kota Jember, pada Kamis (20/1/2022). Apel diikuti unsur relawan, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Basarnas, TNI, Polri dan Taruna Tanggap Bencana Dinas Sosial Kabupaten Jember.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan penanganan dan penanggulangan bencana alam. Karena di Kabupaten Jember terdapat 24 titik rawan bencana, mulai dari  banjir, tanah longsor, angin kencang gempa bumi dan gelombang tinggi laut atau tsunami.

Para relawan dan petugas akan disiagakan dan diterjunkan di sejumlah titik rawan bencana tersebut. Para relawan dan petugas memiliki tugas menangani dan mengevakuasi korban sekaligus melakukan mitigasi daerah rawan bencana.

Baca Juga: Sungai Meluap, Rumah Bupati Jember Kebanjiran

Dalam kegiatan itu, petugas menggelar simulasi penanganan bencana alam angin kencang dan pohon tumbang yang memakan korban pengendara sepeda motor. Dengan sigap, relawan langsung menangani korban dan mendirikan tenda darurat.

 

#pemkabjember #relawanbencana #bencanaalam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.