Kompas TV nasional politik

KPU Beberkan 3 Alternatif Waktu Pelaksanaan Pemilu 2024

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 14:17 WIB
kpu-beberkan-3-alternatif-waktu-pelaksanaan-pemilu-2024
Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi (tengah) (Sumber: Dok Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid membeberkan tiga alternatif waktu pelaksanaan Pemilu 2024 berdasarkan usulan dari lembaganya. 

Ia menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan surat ke Pimpinan DPR RI yg berisi permohonan diadakan rapat konsultasi untuk membahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu 2024 pada Rabu (20/1/2021). 

Baca Juga: DPR akan Bahas Jadwal Pemilu 2024 dengan Pemerintah Pada 24 Januari

"Dalam surat tersebut, KPU menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara Pemilu, yakni 14 Februari 2024. Usulan ini bukanlah baru sama sekali." 

"Karena dalam rapat-rapat konsinyering sebelumnya, KPU pernah mengusulkan 3 alternatif, yakni: 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret 2024," kata Pramono dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1/2022). 

Selain itu, KPU mendengar pernyataan beberapa pimpinan Komisi II DPR di media massa, yang mana rapat konsultasi akan diselenggarakan pekan depan. 

"Tentu KPU mengapresiasi hal tersebut, karena dalam surat di atas, KPU memang berharap pembahasan tentang Tahapan Pemilu dapat dilaksanakan dalam masa sidang kali ini," ujarnya.

Baca Juga: Polri Prediksi Berita Hoaks akan Kembali Muncul Mulai 2022 hingga Jelang Pemilu 2024

Ia berharap tahapan pemilu segera diputuskan agar KPU memiliki kepastian utk melaksanakan langkah-langkah persiapan penyelenggaran pesta demokrasi tersebut.

"(Seperti) perencanaan anggaran, penguatan infrastruktur teknologi informasi, penyiapan regulasi (Peraturan-Peraturan KPU), maupun sosialisasi tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik," katanya. 

Komisi II DPR RI akan menggelar rapat bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), para komisioner KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Senin (24/1/2022).

Adapun agendanya adalah membahas jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. 

"Kalau tidak ada perubahan jadwal, Komisi II DPR mengundang Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk membicarakan tanggal dan tahapan Pemilu 2024 pada Senin (24/1/2022). Kami harapkan setelah rapat tersebut dapat diputuskan jadwal Pemilu 2024," kata Ketua Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia seperti dikutip Antara, Selasa (18/1). 

Politikus Partai Golkar itu menyebut telah menugaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk segera menyepakati jadwal pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan nanti dengan jajaran penyelenggara pemilu. 

Baca Juga: Pemilu 2024 Sangat Kompleks, Publik Harus Dilibatkan dalam Pemilihan Anggota KPU-Bawaslu

Hal ini karena masih adanya perbedaan pendapat antara pemerintah dan KPU terkait jadwal Pemilu 2024 yaitu apakah di bulan Februari atau Mei 2024.

"Komisi II DPR juga meminta KPU untuk lakukan konsolidasi dengan penyelenggara pemilu lainnya seperti Bawaslu dan DKPP," ujar Ahmad Doli.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x