Kompas TV nasional politik

Ibu Kota Pindah, Ketua DPRD DKI Berharap Jakarta Jadi Pusat Bisnis seperti New York

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 13:58 WIB
ibu-kota-pindah-ketua-dprd-dki-berharap-jakarta-jadi-pusat-bisnis-seperti-new-york
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Kamis (13/1/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, berharap Jakarta akan menjadi pusat bisnis seperti New York setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah ke Kalimantan Timur. 

"Sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta, saya menilai Jakarta tetap istimewa nantinya yang memiliki kekhususan seperti kota New York yang telah sukses sebagai pusat bisnis," kata Pras dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1/22).

Menurut politikus PDI Perjuangan tersebut, banyak negara yang sudah berhasil memisahkan antara kota kota yang dijadikan pusat pemerintah dengan pusat bisnis sehingga dapat fokus pada pembangunan. 

"Jika Jakarta ke depan menjadi pusat bisnis, maka akan fokus pada perekonomian. Dengan begitu Jakarta menjadi jantung baru untuk masa depan Indonesia," katanya. 

Baca Juga: IKN Pindah, Anggota DPRD DKI Sebut Ekonomi Jakarta akan Anjlok

Selain New York, Pras juga mencontohkan Turki yang telah berhasil memindahkan fokus pemerintahannya ke kota Ankara dari Istanbul.

Pras menilai, perpindahan IKN akan mengurangi beban Jakarta yang selama ini menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian. 

Kendati demikian, sejauh ini Jakarta dianggap terbukti mampu memikul beban tersebut.

"Sebagaimana Presiden Jokowi bilang, pemindahan IKN ke Kalimantan Timur merupakan transformasi besar yang dilakukan pemerintah. Saya melihat ini sangat baik karena demi cita-cita dan tujuan negara kedepan," ujarnya. 

Baca Juga: Tak Setuju Nama IKN Baru Disebut Jawa-sentris, Sejarawan Ini Sebut Nusantara Berasal dari Kalimantan

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi undang-undang. Keputusan ini diambil dalam agenda rapat paripurna pada hari ini, Selasa (18/1/22). 

Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta akan segera dipindah ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Pemerintah mengumumkan ibu kota baru Indonesia akan dinamakan Nusantara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.