Kompas TV internasional kompas dunia

Bentang Terumbu Karang Alami yang Langka Ditemukan di Lepas Pantai Tahiti, Pasifik Selatan

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 13:11 WIB
bentang-terumbu-karang-alami-yang-langka-ditemukan-di-lepas-pantai-tahiti-pasifik-selatan
Foto ini disediakan oleh @alexis.rosenfeld menunjukkan karang berbentuk seperti mawar di perairan lepas pantai Tahiti Polinesia Prancis pada Desember 2021. Foto ini disediakan oleh @alexis.rosenfeld menunjukkan karang berbentuk seperti mawar di perairan lepas pantai Tahiti Polinesia Prancis pada Desember 2021. (Sumber: Alexis Rosenfeld/@alexis.rosenfeld via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

TAHITI, KOMPAS.TV - Foto ini disediakan oleh @alexis.rosenfeld menunjukkan karang berbentuk seperti mawar di perairan lepas pantai Tahiti Polinesia Prancis pada Desember 2021.

Terumbu karang tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbesar yang ditemukan di kedalaman seperti itu dan tampaknya tidak tersentuh oleh perubahan iklim atau aktivitas manusia.

Laetitia Hédouin mengatakan dia pertama kali melihat terumbu karang saat menyelam rekreasi dengan klub selam lokal beberapa bulan sebelumnya.

“Ketika saya pergi ke sana untuk pertama kalinya, saya berpikir, 'Wow, kita perlu mempelajari karang itu. Ada sesuatu yang istimewa tentang karang itu,” kata Hédouin, seorang peneliti di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis di Moorea, Polinesia Prancis.

Apa yang mengejutkan Hédouin adalah, karang terlihat sehat dan tidak terpengaruh oleh peristiwa pemutihan pada tahun 2019. Karang adalah hewan kecil yang tumbuh dan membentuk terumbu di lautan di seluruh dunia.

Secara global, terumbu karang habis karena penangkapan ikan yang berlebihan dan polusi. Perubahan iklim juga merusak terumbu karang yang rapuh, termasuk yang berada di sekitar terumbu karang yang baru ditemukan, dengan pemutihan parah yang disebabkan oleh air laut yang lebih hangat.

Baca Juga: Terumbu Karang Samudra Hindia Bagian Barat Terancam Punah 50 Tahun ke Depan

Jauh di Pasifik Selatan, para ilmuwan menemukan hamparan karang murni yang langka berbentuk seperti mawar di lepas pantai Tahiti, seperti dilansir Associated Press, Kamis, (20/1/2022). Terumbu karang yang baru ditemukan itu membentang sejauh 3 kilometer dan mulai dipelajari akhir tahun lalu selama ekspedisi menyelam yang didukung oleh UNESCO. (Sumber: Alexis Rosenfeld/@alexis.rosenfeld via AP)

Antara 2009 dan 2018, 14 persen terumbu karang dunia musnah, menurut laporan tahun 2020 oleh Proyek Pemantauan Terumbu Karang Global atau Global Coral Reef Monitoring Project.

Terumbu karang yang baru ditemukan itu membentang sejauh 3 kilometer dan mulai dipelajari akhir tahun lalu selama ekspedisi menyelam yang didukung oleh UNESCO.

Tidak seperti kebanyakan terumbu karang yang dipetakan dan ditemukan di perairan relatif dangkal, karang yang ini lebih dalam, pada 35 meter hingga 70 meter.

Menjelajahi kedalaman seperti itu menimbulkan tantangan: semakin dalam penyelam menyelam di bawah air, semakin pendek waktu yang dapat dihabiskan dengan aman di setiap kedalaman.

Tim dilengkapi dengan tangki khusus dan melakukan 200 jam penyelaman untuk mempelajari terumbu karang, termasuk mengambil foto, pengukuran dan sampel karang.

Baca Juga: Waduh 14 Persen Terumbu Karang Dunia Musnah Satu Dekade Terakhir Akibat Pemanasan Global

Dalam foto yang disediakan oleh @alexis.rosenfeld, para peneliti untuk Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis mempelajari karang di perairan lepas pantai Tahiti, Polinesia Prancis pada Desember 2021. Terumbu karang yang baru ditemukan itu membentang sejauh 3 kilometer dan mulai dipelajari akhir tahun lalu selama ekspedisi menyelam yang didukung oleh UNESCO. (Sumber: Alexis Rosenfeld/@alexis.rosenfeld via AP)

Lokasi terumbu karang berada di tempat di mana tidak banyak peneliti melaksanakan penelitian, kata mantan ahli kelautan National Oceanic and Atmospheric Administration NOAA Mark Eakin.

“Kita akan melihat lebih banyak penemuan ini saat teknologi diterapkan di lokasi ini,” kata Eakin. “Kami mungkin menemukan beberapa yang lebih besar di suatu tempat, tetapi saya pikir ini akan selalu menjadi karang yang istimewa.”

Letusan gunung berapi baru-baru ini di Tonga yang memicu gelombang tsunami di Pasifik tidak mempengaruhi terumbu karang di Tahiti, kata Hédouin.

Hédouin berharap penelitian ini dapat membantu para ahli memahami bagaimana terumbu karang tahan terhadap perubahan iklim dan tekanan manusia, dan apa peran karang yang lebih dalam ini dalam ekosistem laut.

Lebih banyak penyelaman direncanakan dalam beberapa bulan mendatang.

“Kami hanya tahu sedikit tentang lautan, dan masih banyak yang perlu dicatat, dan perlu diukur,” kata Julian Barbière, kepala kebijakan kelautan dan koordinasi regional UNESCO.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x