Kompas TV nasional berita utama

Di Balik Sanksi PDIP untuk Arteria: Sudah Ada Beberapa Hal yang Memang Tidak Sesuai Adat Ketimuran

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 09:50 WIB
di-balik-sanksi-pdip-untuk-arteria-sudah-ada-beberapa-hal-yang-memang-tidak-sesuai-adat-ketimuran
Arteria Dahlan. (Sumber: Dok. Humas DPR)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencermati Arteria Dahlan sudah beberapa kali bersikap tidak pantas sesuai adat ketimuran.

Kali ini, PDIP menjatuhkan teguran keras kepada Arteria Dahlan terkait pernyataannya dalam rapat kerja Komisi III DPR bersama Kejaksaan Agung.

Demikian Ketua DPP Badan Kehormatan Partai PDI Perjuangan Komaruddin Watubun mengungkapkan KOMPAS.TV, Kamis (20/1/2022)

“Pak Arteria sudah ada beberapa hal, berapa peristiwa yang terjadi selama ini, yang memang dinilai oleh publik tidak pantas dalam adat ketimuran kita. Oleh karena itu, khusus yang sekarang kita mempelajari dan memang itu dari sisi organisasi kita harus menjatuhkan sanksi organisasi,” kata Komaruddin Watubun.

Baca Juga: PDIP Beri Teguran Keras ke Arteria Dahlan, Sikapnya Dinilai Tak Pantas

Menurut Komaruddin, penggunaan bahasa daerah dalam rapat bukan lah kesalahan, karena sejauh ini dirinya juga kerap menggunakan bahasa daerah dalam forum-forum resmi.

Atas dasar itu, PDIP menegaskan penggunaan bahasa dalam konteks kebhinnekaan tidaklah sepatutnya berujung pada pemecatan dari jabatan.

“Kita pahami itu dalam konteks kebhinekaan kita, sebenarnya juga tidak harus ya, tidak harus sampai orang dipecat hanya karena menggunakan bahasa begitu. Oleh karena itu kita tiga partai ya kita ambil sanksi dalam bentuk teguran,” kata Komaruddin.

Komaruddin menuturkan, teguran terhadap Arteria Dahlan terkait pernyataannya yang menyinggung suku diberikan pagi ini sesuai AD/ART PDIP.

“Hari ini baru keluar, kemarin kan proses ya, kita tegur orang juga kan harus berdasarkan aturan partai ya. Fakta-faktanya di lapangan seperti apa, namanya juga kode etik dan dispilin organisasi ya, aspek kedisiplinnya dilanggar atau tidak? Etiknya dilanggar atau tidak?” katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x