Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Retno Dukung Inisiatif COVAX, Jalur Paling Reliabel Pemerataan Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 23:14 WIB
menlu-retno-dukung-inisiatif-covax-jalur-paling-reliabel-pemerataan-vaksin-covid-19
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Pada Rabu (19/1/2022), Retno menyerukan kepada komunitas internasional dan lembaga donor untuk berinvestasi di COVAX, inisiatif pemerataan vaksin Covid-19 global. (Sumber: Kemlu.go.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan dukungannya terhadap inisiatif COVAX yang berperan memeratakan vaksin Covid-19. Hal tersebut disampaikan Retno dalam konferensi pers virtual peluncuran Gavi COVAX AMC 2022 Investment Opportunity, Rabu (19/1/2022).

Inisiatif COVAX merupakan kerja sama global untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 demi mengakhiri pandemi.

Inisiatif itu dikoordinasi oleh GAVI, sebuah kerja sama publik-swasta dalam pemerataan vaksin, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara itu, Gavi COVAX AMC 2022 Investment Opportunity adalah upaya mobilisasi dana agar COVAX bisa mengamankan stok vaksin untuk didistribusikan ke negara-negara miskin.

Menurut Menlu Retno, COVAX telah mendistribusikan 1 miliar vaksin Covid-19 ke seluruh dunia.

“Dunia patut bersyukur bahwa pada akhirnya COVAX mampu menunjukkan bahwa multilateralisme dapat bekerja dan memberikan manfaat konkret bagi masyarakat di seluruh dunia,” kata Retno dalam rilis Kemlu.

Baca Juga: Program Vaksin PBB COVAX Kirimkan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 ke Negara-Negara Miskin

Lebih lanjut, lulusan Universitas Gadjah Mada ini menyebut capaian COVAX adalah bukti nyata kerja sama dan solidaritas internasional. Ia menegaskan bahwa COVAX adalah jalur paling reliabel untuk mendapatkan vaksin bagi banyak negara.

“Tanpa COVAX akan semakin banyak negara yang tidak mampu mencapai target vaksinasi yang ditetapkan WHO. Oleh karena itu, peran COVAX sangat penting," kata Retno.

Retno sendiri merupakan ketua bersama (co-chair) Gavi COVAX AMC, instrumen pendanaan inisiatif COVAX.

Menlu Retno pun menyerukan kepada komunitas internasional dan lembaga donor untuk menyukseskan inisiatif COVAX dengan berinvestasi di sana.

“Ini bukan sekadar soal charity, melainkan sebuah kepentingan bersama untuk memastikan COVAX dapat menuntaskan misinya," kata Retno.

Selain Menlu Retno, konferensi perilisan Gavi COVAX AMC 2022 Investment Opportunity juga diisi oleh Dirjen WHO Thedros Adhanom Ghebreyesus, Ketua Dewan Gavi Jose Manuel Barroso, Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore, serta CEO CEPI Richard Hatchett.

Baca Juga: Indonesia Dapat 3,5 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca dan Pfizer lewat Jalur Covax


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.