Kompas TV olahraga kompas sport

Rudy Eka Siap Buktikan Timnas Putri Indonesia Pantas Tampil di Kancah Internasional

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 23:31 WIB
rudy-eka-siap-buktikan-timnas-putri-indonesia-pantas-tampil-di-kancah-internasional
Pelatih Timnas Putri Indonesia Rudy Eka Priyambada siap membuktikan diri bahwa ia dan skuadnya pantas tampil di kancah internasional yaitu Piala Asia Wanita 2022. (Sumber: pssi.org)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada mengatakan siap membuktikan diri bahwa ia dan skuadnya pantas tampil di kancah internasional yakni Piala Asia Wanita 2022.

Timnas Putri Indonesia akan berlaga di Piala Asia Wanita 2022 yang digelar di India tanggal 20 Januari-6 Februari 2022.

Namun, jalan Garuda Pertiwi di Piala Asia Wanita 2022 akan berat lantaran berada satu grup, tepatnya Grup B, dengan tim-tim yang jauh lebih kuat seperti Australia, Thailand dan Filipina.

Dengan persaingan yang sulit itu, Rudy pun berharap masyarakat sepak bola Indonesia tak membebani timnya dengan ekspektasi tinggi. 

Rudy hanya meminta doa dan dukungan dari pecinta sepak bola Tanah Air agar Zahra Muzdalifah dkk bisa tampil lepas dan menikmati permainan. 

"Jangan terlalu membebani kami dengan ekspektasi tinggi. Biarkan anak-anak ini menikmati permainan," kata Rudy dalam konferensi pers virtual, dikutip KompasTV dari Antara, Rabu (19/1/2022). 

Selain lawan yang berat, Timnas Putri Indonesia juga minim pengalaman di level tertinggi setelah terakhir kali tampil di Piala Asia Wanita 33 tahun silam. 

Keadaan semakin tidak menguntungkan dengan tak bergulirnya kompetisi sepak bola putri yang terhenti pada 2020 lalu sejak adanya pandemi. 

Baca Juga: Piala Asia Wanita 2022 - Setengah Skuad Timnas Putri Vietnam Terpapar Covid-19

Namun, dengan situasi yang sulit itu, Rudy menegaskan bahwa Timnas Putri Indonesia siap memberikan yang terbaik dan membuktikan bahwa mereka pantas tampil di level tertinggi kancah internasional. 

"Pertandingan melawan Australia akan menyenangkan. Para pemain mereka banyak yang bermain di Eropa tetapi kami siap berlaga," ungkapnya. 

"Kami akan membuktikan timnas putri Indonesia pantas tampil di kancah internasional, di level tertinggi," tegas Rudy.

Hal senada juga dikatakan kapten timnas putri Indonesia, Ade Mustikiana Oktafiani yang menganggap bahwa laga menghadapi Australia penting.

Ade memastikan, ia dan rekan-rekannya akan bermain semaksimal mungkin dan menimba pengalaman dari pemain bintang Australia. 

"Itu akan menjadi pengalaman berharga bagi kami. Kami akan berusaha yang terbaik," tutur Ade.

Pertandingan pertama Indonesia pada fase grup Piala Asia Putri 2022 berlangsung 21 Januari 2022 yakni menghadapi Australia.

Kemudian pada 24 Januari 2022, Garuda Pertiwi akan melawan Thailand.

Setelah itu, tiga hari berselang akan menantang kekuatan Filipina. 

Baca Juga: Timnas Putri Indonesia Didominasi Pemain Muda, Rudy Eka Akui Tiru Shin Tae-yong



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x