Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Peringatkan Tokoh yang Ingin Naikkan Elektabilitas: Jangan Gunakan Fasilitas Negara

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 19:17 WIB
jokowi-peringatkan-tokoh-yang-ingin-naikkan-elektabilitas-jangan-gunakan-fasilitas-negara
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan siapa pun tokoh yang ingin meningkatkan elektabilitas agar tidak menggunakan fasilitas negara. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan siapa pun tokoh yang ingin meningkatkan elektabilitas agar tidak menggunakan fasilitas negara.

Peringatan tersebut disampaikan Jokowi saat pertemuan dengan Forum Pemimpiin Redaksi (Pemred) sejumlah pimpinan media di Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Menurut Jokowi, semua tokoh yang memiliki kemungkinan untuk meningkatkan elektabilitas untuk mencalonkan diri pada Pilpres 2024 akan diberi peluang.

Baca Juga: Jokowi Berharap Pendanaan Ibu Kota Baru Berasal dari Investasi

“Semua yang memiliki kemungkinan, ya kita beri peluang,” ujarnya dalam pertemuan yang dihadiri oleh Pemimipin Redaksi Kompas TV Rosianna Silalahi.

“Yang penting jangan mengganggu pekerjaan dan menggunakan fasilitas negara,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah lembaga survei telah merilis elektabilitas beberapa tokoh yang disebut-sebut akan mencalonkan diri pada Pilpres 2024.

Salah satunya adalah Indikator Politik Indonesia yang dilaksanakan pada 6 hingga 11 Desember 2021.

Dilansir Kompas TV, Indikator Politik Indonesia mengajukan pertanyaan pada responden jika pilpres dilaksanakan saat ini siapa yang akan dipilih.

Dari sembilan belas nama tokoh yang diajukan, 24,1% memilih Prabowo Subianto, 20,8% memilih Ganjar Pranowo, dan 15,1% memilih Anies Baswedan.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kemungkinan Istana dan Sejumlah Kementerian Akan Pindah ke IKN pada 2024

Sementara dari survei Litbang Kompas pada  26 September hingga 9 Oktober 2021 juga mengajukan pertanyaan pada responden jika pilpres dilaksanakan saat ini siapa yang akan dipilih.

Hasil survei Litbang Kompas tersebut menyebutkan bahwa 13,9% memilih Prabowo Subianto, 13,9% memilih Ganjar Pranowo dan 9,6% memilih Anies Baswedan.

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan hampir selalu menempati posisi atas survei elektabilitas bakal capres yang dilakukan beberapa lembaga survei.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x