Kompas TV video sinau

Jangan Lagi Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud, Ini Alasannya

Selasa, 1 Februari 2022 | 19:15 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Telinga merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai indera pendengaran dan pusat keseimbangan tubuh. Menjaga kebersihan telinga menjadi salah satu langkah merawat kesehatan indera pendengaran agar tetap berfungsi dengan baik.

Bagi sebagian orang, kotoran telinga bisa menumpuk dengan sangat cepat hingga mengurangi kemampuan mendengar. Namun, penggunaan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga tidak direkomendasikan.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, kotoran telinga atau serumen sebenarnya baik untuk kesehatan indera pendengaran.

Kotoran telinga memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari segala macam partikel asing yang bisa masuk melalui lubang telinga, misalnya seperti serangga.

Baca Juga: Pernah Alami Vertigo? Ternyata Penyebabnya karena Ada Masalah Ini di Telinga

Melansir Healthline, membersihkan telinga dengan cotton bud justru dapat mendorong kotoran semakin masuk ke telinga bagian dalam. Pada beberapa kasus, bagian ujung kapas mungkin dapat terlepas dan menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Selain itu, menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga juga berisiko melukai bagian dalam telinga, yang bisa berujung pada infeksi akibat terdorongnya cotton bud terlalu dalam.

Seperti dilansir dari UNC Health Care, pada umumnya, telinga memiliki mekanisme pembersihan mandiri dan tidak memerlukan perawatan ekstra. Terlalu sering membersihkan bagian dalam telinga justru bisa membuat risiko infeksi meningkat.

Namun, bagian terluar telinga harus tetap dibersihkan secara rutin, misalnya dengan menggunakan handuk atau kain bersih yang telah dibasahi. Kotoran telinga juga perlu dibersihkan jika dirasa sudah mengganggu.

Selain itu, untuk mendapatkan perawatan membersihkan telinga dengan lebih tepat, Anda bisa mengunjungi dokter THT untuk berkonsultasi dan mengetahui cara yang lebih aman untuk membersihkan telinga.

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Telinga yang Baik dan Benar

(*)

Video Editor & Grafis: Joshua Victor


Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x