Kompas TV religi beranda islami

Alasan Islam Melarang Terlalu Lama Duduk di Toilet, Ternyata Bahaya

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:19 WIB
alasan-islam-melarang-terlalu-lama-duduk-di-toilet-ternyata-bahaya
Ilustrasi kamar mandi. Dalam Islam dilarang berlama-lama di toilet, kenapa ya? (Sumber: gettyimages/KatarzynaBialasiewicz)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Islam terdapat sebuah larangan untuk tidak berlama-lama duduk di toilet. Apalagi jika urusan buang hajat sudah selesai. Kenapa?

Selain toilet adalah tempat yang kotor dan najis, ternyata salah satu alasannya adalah bisa jadi Anda berpotensi didatangi jin atau bahkan setan.

Hal ini tentu saja jadi peringatan bila sebagian dari kita mungkin gemar berlama-lama di toilet, entah dengan bermain HP maupun misalnya sekadar baca buku.

Toilet adalah tempat membung segala kotoran dan najis. Tempat itu adalah salah satu rumah tempat berkumpulnya para jin.

Selain toilet, ada banyak riwayat yang menuturkan tempat kotor atau sepi seperti lembah, tempat yang kosong dan tentu saja area kotor dan najis seperti toilet.

Untuk itulah, sebaiknya jangan berlama-lama di toilet atau WC. Usai tuntas perkara buang hajat, baiknya segera keluar.

Sebab selain untuk menghindari pelbagai keburukan dari tempat yang kotor, hal itu untuk menghindari dari gangguan-gangguan yang bisa jadi akan muncul ketika berada di ‘tempat mereka’.

Baca Juga: Bisa Ditiru, Ini Doa Tiga Orang yang Pasti Dikabulkan

Hadis Terkait Jin yang Berada di Toilet

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud disebutkan tentang tempat buang hajat itu bisa jadi dihadiri atau merupakan tempat dari Jin.

Nabi pun memiliki kebiasaan untuk membaca doa ketika memasuki toilet. Doa yang tentu saja bisa kita tiru sebagia bagian dari uswah hasanah, atau meniru hal-hal baik yang dilakukan oleh Nabi.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19