Kompas TV religi beranda islami

Alasan Islam Melarang Terlalu Lama Duduk di Toilet, Ternyata Bahaya

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 17:19 WIB
alasan-islam-melarang-terlalu-lama-duduk-di-toilet-ternyata-bahaya
Ilustrasi kamar mandi. Dalam Islam dilarang berlama-lama di toilet, kenapa ya? (Sumber: gettyimages/KatarzynaBialasiewicz)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Islam terdapat sebuah larangan untuk tidak berlama-lama duduk di toilet. Apalagi jika urusan buang hajat sudah selesai. Kenapa?

Selain toilet adalah tempat yang kotor dan najis, ternyata salah satu alasannya adalah bisa jadi Anda berpotensi didatangi jin atau bahkan setan.

Hal ini tentu saja jadi peringatan bila sebagian dari kita mungkin gemar berlama-lama di toilet, entah dengan bermain HP maupun misalnya sekadar baca buku.

Toilet adalah tempat membung segala kotoran dan najis. Tempat itu adalah salah satu rumah tempat berkumpulnya para jin.

Selain toilet, ada banyak riwayat yang menuturkan tempat kotor atau sepi seperti lembah, tempat yang kosong dan tentu saja area kotor dan najis seperti toilet.

Untuk itulah, sebaiknya jangan berlama-lama di toilet atau WC. Usai tuntas perkara buang hajat, baiknya segera keluar.

Sebab selain untuk menghindari pelbagai keburukan dari tempat yang kotor, hal itu untuk menghindari dari gangguan-gangguan yang bisa jadi akan muncul ketika berada di ‘tempat mereka’.

Baca Juga: Bisa Ditiru, Ini Doa Tiga Orang yang Pasti Dikabulkan

Hadis Terkait Jin yang Berada di Toilet

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud disebutkan tentang tempat buang hajat itu bisa jadi dihadiri atau merupakan tempat dari Jin.

Nabi pun memiliki kebiasaan untuk membaca doa ketika memasuki toilet. Doa yang tentu saja bisa kita tiru sebagia bagian dari uswah hasanah, atau meniru hal-hal baik yang dilakukan oleh Nabi.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya tempat buang hajat, bisa dihadiri oleh bangsa setan(jin). Maka, jika kalian masuk maka berdoalah,’ALLAHUMMA INI AUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITS’" (HR Abu Daud).

Arti doa di atas adalah: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

Berdasarkan hadis di atas, dianjurkan untuk tidak berlama-lama berada di toilet sebab Anda berada di tempat para jin itu berada.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Dzikir Malam Agar Tak Diganggu Setan

Para ulama menganjurkan untuk menghormati para jin dan berusaha untuk tidak mengganggu mereka, agar tentunya balik juga ke manusia. Salah satu menjaganya adalah dengan berdoa, sebagai upaya menjaga kita dari gangguan itu.

Jadi, mulai sekarang, jangan berlama-lama di toilet sebab bisa jadi anda berpotensi untuk didatangi para jin maupun setan yang bersiap untuk menggoda atau mungkin menampakkan dirinya. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x