Kompas TV internasional kompas dunia

Omicron Merebak di Tunisia, Bagaimana Nasib 203 WNI di Sana?

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 15:28 WIB
omicron-merebak-di-tunisia-bagaimana-nasib-203-wni-di-sana
Zuhairi Misrawi (kiri), Dubes RI untuk Tunisia saat jalan bersama para mahasiswa dan WNI Indonesia di Tunis. (Sumber: KBRI Tunisia)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

TUNIS, KOMPAS.TV - Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Tunisia Zuhairi Misrawi memastikan para Warga Negara Indonesia (WNI) dalam kondisi sehat di tengah merebaknya Omicron di negara tersebut.

Zuhairi mengungkapkan, saat ini terdapat 203 WNI di negara yang terletak di Afrika utara itu. 

Sebanyak 50 di antaranya adalah mahasiswa di Universitas Zaytunah dan Universitas Kairouan. Rata-rata, WNI di Tunisia berada di Kawasan Ma'qil Za'im, Tunis dan Kairouan.

Hingga saat ini, menurut Zuhairi Misrawi, 100 persen WNI sudah divaksin dua kali. 

“Alhamdulillah, secara umum WNI kita dalam keadaan sehat. Saya sudah memerintahkan KBRI Tunis untuk menyediakan obat-obatan dan membagikannya kepada WNI yang sakit, yang dikoordinir langsung oleh Persatuan Pelajar Indonesia Tunisia," papar Zuhairi kepada KOMPAS TV, Selasa malam (18/1/2022).

Baca Juga: Angka Pengangguran Tunisia Meningkat, Ibu Rumah Tangga dan Perempuan Dipekerjakan dengan Upah Murah

Menurut Zuhairi, saat ini hanya tersisa 26 anak WNI yang belum divaksin karena mereka dalam usia di bawah 12 tahun sesuai kebijakan Pemerintah Tunisia. Sebagian WNI sudah bergiliran untuk mendapatkan vaksin booster.

“Saya setiap hari memonitor kondisi kesehatan WNI, dan akan mengambil langkah-langkah  yang semestinya untuk memberikan perlindungan bagi WNI kita di Tunisia," ujarnya.

Di Tunisia, kasus Omicron pertama tercatat pada 3 Desember 2021 dan pada bulan Januari ini tercatat menjadi 33 kasus. Hingga saat ini, jumlahnya kian meningkat

Pemerintah Tunisia telah menerapkan jam malam dari pukul 22.00-05.00 untuk membatasi aktivitas publik, sehingga penyebaran Omicron dapat diantisipasi dengan baik.

“Secara umum, pemerintah Tunisia mampu mengatasi ketersebaran Omicron,” tutupnya.

Baca Juga: Tunisia Tunjuk Perdana Menteri Perempuan Pertama Sepanjang Sejarah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.