Kompas TV nasional sosial

Suka Camilan dan Ingin Berat Badan Stabil, Begini Solusi dari Kampus Negeri di Yogyakarta

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 14:28 WIB
suka-camilan-dan-ingin-berat-badan-stabil-begini-solusi-dari-kampus-negeri-di-yogyakarta
UNYBar, camilan sehat dari UNY (Sumber: dok.humas UNY)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Menyukai camilan atau ngemil kerap kali merusak diet untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki solusi untuk penyuka camilan yang tidak ingin berat badannya berubah.

UNYBar adalah camilan berupa snack bar buatan UNY. Komposisi UNYBar meliputi tempe, emping jagung, glukosa, gula pasir, cabai, jahe, margarin, jeruk nipis dan wijen. Teksturnya lembut, renyah, dan empuk karena ditambahkan bihun jagung.

Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Siswantoyo,  produk ini merupakan salah satu karya dari pusat unggulan iptek lumbung inovasi dalam rangka menyongsong UNY menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum.

Baca Juga: 5 Camilan Sehat dan Enak, Bisa untuk Turunkan Berat Badan

UNYBar tersedia dalam rasa susu, coklat, pisang, strawberry, vanilla dan anggur. UNYBar mengandung 130 kkal kalori, 6 gram lemak, 3,5 gram protein,3 gram serat dan 16 gram karbohidrat yang dijual dengan harga Rp 4.500.

“Harganya jauh lebih murah daripada snack bar lainnya,” ujarnya, Rabu (19/1/2022).

Camilan berupa snack bar UNY ini masih dapat dikembangkan tergantung pangsa pasar yang dibidik. Misal, menyasar pasar pengidap diabetes maka kandungan protein akan ditingkatkan, sedangkan untuk membidik pasar atlet atau lansia fokus pada konsenstrasi serat.

Camilan sehat dari UNY ini sudah diujicobakan kepada 30 orang ahli makanan. UNYBar juga bisa disimpan selama satu tahun tanpa perubahan rasa.

Baca Juga: 5 Camilan Tradisional Legendaris yang Tidak Lekang oleh Waktu

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x