Kompas TV regional berita daerah

Memprihatinkan, Hampir Setiap Hari Sekolah Terendam Rob

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 13:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Ruang kelas SD Negeri 3 Bandengan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir rob akibat air pasang. Kondisi ini sudah terjadi selama 2 tahun. Setiap kali datang pasang air laut banjir rob menggenangi ruangan, baik ruang kelas maupun ruang guru.

Biasanya air yang masuk ke dalam kelas mencapai ketinggian 40 sentimeter, sedangkan di halaman sekolah sekitar 20 sentimeter. Kondisi ini menganggu aktivitas belajar mengajar para siswa dan guru karena siswa terpakasa belajar di atas genangan air rob, dan guru harus menggunakan sepatu boot saat berada di lingkungan sekolah yang terendam banjir rob.

"Kira-kira dua tahunan, hampir setiap hari. Jadi setiap hari kita ada mesin penyedot air, supaya air cepat surut. Sangat terganggu, untuk sementara karena kondisi seperti ini, tiga ruang gedung ini tidak dipakai. Kita memanfaatkan gedung sebelah utara yang agak tinggi, itu kita siasati dibagi menjadi dua shift," ujar Siti Mardiyah, Kepala SDN 3 Bandengan.

Saat pembelajaran tatap muka terbatas, pihak sekolah masih bisa menggunakan ruang kelas yang tidak tergenang banjir rob. Namun, saat ini pembelajaran tatap muka sudah 100 persen, sehingga terpaksa ruang kelas yang setiap hari terendam rob digunakan untuk belajar mengajar.

#banjirrob #kendal #sdn3bandengan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x