Kompas TV video sinau

Mahasiswa Baru Harus Tahu, Perbedaan IP dan IPK

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 19:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Setelah lulus dari SMA/SMK, beberapa siswa memiliki impian untuk melanjutkan ke jenjang kuliah. Sepertinya menjadi mahasiswa terdengar menyenangkan, apakah kenyataannya sesuai dengan bayangan? 

Mari ketahui dulu sistem penilaian di tingkat perkuliahan, calon mahasiswa dan mahasiswa baru wajib tahu mengenai informasi ini.

Dunia sekolah dan perkuliahan jauh berbeda dari suasana hingga penilaiannya. Mahasiswa tidak mendapatkan rapor tapi menerima sistem penilaian Indeks Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Meski keduanya merupakan sistem penilaian di bangku kuliah, tapi IP dan IPK berbeda…melansir KOMPAS.com berikut perbedaannya:

Indeks Prestasi (IP)

Indeks Prestasi (IP) adalah  sistem penilaian di mana diambil dari jumlah semua nilai mata kuliah yang diambil dalam 1 semester.

Biasanya nilai satu mata kuliah diambil dari nilai A, B, C, D, E. A memiliki nilai 4, B bernilai 3, C bernilai 2, D bernilai 1, dan E bernilai 0. Ada juga kampus yang menggunakan nilai AB dengan nilai 3,5 dan sebagainya.

Total ip dihitung dari jumlah keseluruhan nilai dalam satu semester. Kemudian dibagi dengan jumlah Satuan Kredit Semester ( SKS )yang diambil.

hasil IP jadi penentu jumlah SKS yang bisa diambil semester selanjutnya,  contohnya untuk IP 3.00-4.00 bisa mengambil hingga 24 SKS.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Singkatnya, IPK adalah akumulasi dari semua IP yang diperoleh, kemudian dibagi dengan semester yang ditempuh.

IP memperlihatkan hasil belajar satu semester, IPK menunjukan hasil belajar mahasiswa selama masa perkuliahan.

Mahasiswa bisa mengecek IP dan IPK di Kartu Hasil Studi (KHS), umpamanya KHS ini rapor di perguruan tinggi, biasanya akan tertera nilai mata kuliah yang telah diambil. 

Baca Juga: Berkah Pembelajaran Tatap Muka, Penjualan Seragam Sekolah Naik

https://www.kompas.tv/article/252413/berkah-pembelajaran-tatap-muka-penjualan-seragam-sekolah-naik 

Video Editor & Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.