Kompas TV video sinau

Minuman Pengganti Kopi yang Ampuh Usir Ngantuk

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 10:41 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Bagi orang-orang yang bekerja sepanjang waktu, kerap mengandalkan kopi untuk memompa semangat dan mengusir rasa kantuk.

Kandungan kafein dalam kopi ini, yang mampu menstimulasi otak dan sistem saraf melalui beberapa proses yang melibatkan berbagai neurotransmitter.

Sayangnya tidak semua orang mampu meminum kopi, efek samping yang ditimbulkan oleh kopi diantaranya adalah asam lambung, GERD, sampai berubahnya warna gigi.

Selain kopi masih ada beragam minuman yang bisa diandalkan untuk mengusir rasa kantuk, minuman-minuman ini bisa jadi andalan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi yang tidak bisa minum kopi.

Melansir KOMPAS.com berikut daftar minuman pengganti kopi yang bisa jadi pilihan:

1.Kombucha

Minuman ini terbuat dari fermentasi teh dan gula. Kombucha mampu mencegah kantuk dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2.Matcha Tea

Minuman ini mengandung kafein dan l-theanin atau  asam amino yang memberi rasa tenang pada  pikiran tanpa memberi efek mengantuk.

3.Dark Chocolate

Kandungan kafein pada dark chocolate lebih sedikit daripada kopi, minuman ini mampu meningkatkan energi, membantu kerja sistem pencernaan, meningkatkan fungsi dan pertumbuhan otak.

4.Teh Hijau

Teh hijau melepaskan kafein dalam tubuh lebih lambat daripada kopi, sehingga membuat tubuh lebih rileks.

5.Air Kelapa

Air kelapa alami merupakan minuman menyehatkan dan menyegarkan, minuman ini mampu menghidrasi tubuh serta mengobati rasa kantuk. 

Baca Juga: Sering Konsumsi Kopi Lebih dari Segelas dalam Sehari? Yuk Ketahui Risiko dan Batas Waktunya

https://www.kompas.tv/article/242160/sering-konsumsi-kopi-lebih-dari-segelas-dalam-sehari-yuk-ketahui-risiko-dan-batas-waktunya 

Video Editor & Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x