Kompas TV video sinau

Apa itu Domisili?

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 10:22 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Tidak sedikit orang yang menyepelekan atau sembarangan mengisi data domisili, padahal validitas domisili seseorang, menentukan keberadaannya di mata hukum.

Melansir berbagai sumber berikut macam-macam domisili:

Domisili Terikat

Domisili terikat menentukan seseorang wajib menyesuaikan dengan keadaan orang di sekitarnya. Dalam hal ini keluarga. Sebagai contoh seorang anak yang berdomisili di tempat tinggal orang tuanya.

Domisili Bebas

Seseorang tidak terikat sama sekali dengan keberadaan orang sekitarnya, dalam hal ini keluarga. Jadi seseorang memiliki hak penuh menentukan tempat tinggal atau domisilinya.

Kata domisili kerap didengar dan terbaca oleh kita biasanya berkaitan dengan data atau informasi pribadi. Domisili merupakan informasi penting yang tidak boleh dibagikan sembarangan.

Apa itu Domisili?

Domisili berasal dari kata domicile atau woonplaats yang artinya tempat tinggal, berdasarkan KBBI alamat domisili adalah tempat kediaman yang sah dari seseorang.

Mengutip KOMPAS.com alamat domisili adalah alamat sesuai dengan tempat tinggal saat ini, terkadang alamat domisili bisa berbeda dengan alamat yang tercantum di KTP.

Domisili adalah tempat tinggal yang harus dimiliki semua orang untuk berbagai keperluan mulai dari mengurus pernikahan, pembayaran pajak, pemilihan umum dan lainnya.

Secara yuridis domisili adalah tempat seseorang atau badan hukum dianggap selalu hadir berhubungan dengan pelaksanaan kewajiban maupun pemenuhan hak-haknya. Walaupun kenyatannya seseorang bertempat tinggal di lokasi lain.

Jadi meskipun bukan penduduk yang sesuai dengan ktp, seseorang tetap bisa mendapatkan hak dan kewajibannya sebagai warga negara di alamat domisilinya.

Baca Juga: Hoaks Kartu Kartu Keluarga Berbentuk KTP - NEWS OR HOAX

https://www.kompas.tv/article/252421/hoaks-kartu-kartu-keluarga-berbentuk-ktp-news-or-hoax

Video Editor & Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x