Kompas TV regional peristiwa

Penuh Kekecewaan, Korban Lapor Perkosaan Justru Dikomentari Kasatreskrim: Lha Piye, Penak?

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 08:49 WIB
penuh-kekecewaan-korban-lapor-perkosaan-justru-dikomentari-kasatreskrim-lha-piye-penak
Ilustrasi korban pelecehan seksual. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Seorang wanita berinisial R yang mengaku menjadi korban pemerkosaan oleh anggota polisi di lingkungan Polda Jateng mengaku kecewa dengan respon dari pihak kepolisian atas laporannya.

R kala itu bertemu dengan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Boyolali AKP Eko Marudin, namun jawaban dari polisi tersebut membuatnya terpukul dan sakit hati.

"Petugas di sana menjelaskan apa yang saya alami. Dia (Kasatreskrim) bilang, 'lha piye penak?' Saya terus down, saya dapat kejadian seperti itu ditambah kata-kata tidak enak dari Bapak Kasatreskrim-nya, saya keluar," kata R dikutip dari Kompas.com, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Sebelum Dilecehkan Kasat Reskrim, Ternyata Wanita Ini Diperkosa Pria yang Mengaku dari Polda Jateng

Atas kejadian tersebut Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan telah mencopot Eko Marudin dari jabatannya, Selasa (18/1).

Luthfi mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan terkait etika profesi polisi berpangkat kepala tersebut.

"Terkait dengan oknum anggota polri di Polres Boyolali, hari ini juga saya perintahkan untuk dicopot, untuk dilakukan pemeriksaan terkait dengan etika profesi yang tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ungkapnya.

Terpisah, kuasa hukum korban, Hery Hartono mengungkapkan kasus dugaan pemerkosaan berawal ketika kliennya didatangi seorang pria yang mengaku dari Polda Jateng pada Senin (10/1/2022) sekitar pukul 05.30 WIB.

Baca Juga: Kapolda Jateng Minta Maaf Terkait Kasus Kasat Reskrim

Korban melihat pria itu menunjukkan kartu identitas anggota polisi dan mengaku kedatangan untuk membantu suami R keluar dari penjara atas kasus perjudian.

"Korban dibawa pergi ya ikut saja karena takut suaminya sedang bermasalah. Mungkin ada yang mau menolong dia iyani saja ikut dibawa sampai ke Polres Boyolali. Di situ masuk entah dengan trik bagaimana. Terus keluar ke Polda," jelas Hery dilansir dari Kompas.com.

Hery melanjutkan kliennya kemudian diduga diperkosa di salah satu hotel Bandungan, Kabupaten Semarang. R berhasil kabur setelah pria itu tertidur pulas usai menenggak minuman keras.

Baca Juga: Kapolda Jateng Copot Kasat Reskrim Polres Boyolali karena Diduga Lecehkan Wanita Korban Perkosaan

"Ketika pria itu tertidur korban lari naik taksi online pulang ke Boyolali," kata dia.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan sejumlah anggota Polres Boyolali akan diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Jateng terkait kasus ini.

"Hari ini satu orang yang kita periksa. Kemudian 4 orang saksi sudah kita bawa ke sini (Polda). Nanti akan kita proses sesuai dengan jenjang kepangkatan maupun pelanggaran yang dilakukan oleh anggota itu sendiri. Yang jelas perintah saya copot hari ini juga," tegas Luthfi.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x