Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Australia Diminta Bersiap Hadapi Lebih Banyak Kematian di Tengah Serbuan Varian Omicron

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:42 WIB
warga-australia-diminta-bersiap-hadapi-lebih-banyak-kematian-di-tengah-serbuan-varian-omicron
Australia diminta bersiap menghadapi lebih banyak kematian akibat Covid-19 selama beberapa minggu ke depan, kata pihak berwenang Australia hari Rabu (19/1/2022), saat rekor infeksi yang dipicu oleh wabah Omicron membanjiri sistem kesehatan, (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SYDNEY, KOMPAS.TV - Australia diminta bersiap menghadapi lebih banyak kematian akibat Covid-19 selama beberapa minggu ke depan, saat rekor infeksi yang dipicu oleh wabah Omicron membanjiri sistem kesehatan dan memaksa negara bagian Victoria menaikkan status darurat untuk rumah sakit mereka. 

"Kami sudah melihat dan akan terus melihat kematian, sebagian besar orang tua, kebanyakan pada orang dengan penyakit kronis lainnya," kata Chief Health Officer Paul Kelly kepada penyiar Australian Broadcasting Corporation pada Rabu (19/1/2022) atau sehari setelah Australia mengalami hari paling mematikan dengan 77 kematian dari virus Corona.

Seperti dilansir Straits Times, di tengah rekor penularan terbaru, rumah sakit negara bagian Victoria mulai tengah hari ini akan pindah ke status 'kode coklat', dimana status ini biasanya disediakan untuk bencana alam atau peristiwa korban massal. 

Sementara laporan mengatakan perawat dan tenaga kesehatan menuntut agar pemerintah memanggil bantuan tentara.

Perawat di negara bagian tetangga New South Wales NSW juga langsung menggelar rapat umum di salah satu rumah sakit terbesar di Sydney untuk memprotes kekurangan staf.

"Perawat dan bidan lelah, marah dan frustrasi dan merasa pemerintah NSW tidak mendukung mereka sama sekali," kata Shaye Candish dari serikat perawat.

Baca Juga: Australia Rekor Harian Tertinggi dengan 147.000 Kasus Corona Omicron

Antrean panjang di pusat tes PCR di Melbourne, Australia, Rabu (5/1/2022). Kasus Covid-19 di Australia melonjak sejak pertengahan Desember 2021. (Sumber: Joel Carrett/Associated Press)

Meskipun Profesor Kelly mengakui tingkat tantangan yang dialami staf perawat terkait kapasitas rumah sakit negara itu menghadapi lonjakan penerimaan pasien baru.

Meskipun rawat inap meningkat, pihak berwenang mencoba membenarkan keputusan mereka untuk hidup dengan virus ketika vaksinasi Covid-19 yang lebih tinggi tercapai, mengutip varian Omicron yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis Covid-19 sebelumnya.

Tetapi banyaknya kasus memberi tekanan pada rumah sakit, dengan 5.025 orang dirawat pada hari Selasa.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19