Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Presiden Kazakhstan Muncul di Televisi, Bantah Ada Konflik Antarelite

Rabu, 19 Januari 2022 | 03:05 WIB
mantan-presiden-kazakhstan-muncul-di-televisi-bantah-ada-konflik-antarelite
Mantan Presiden Nursultan Nazarbayev dalam pidato yang disiarkan televisi ke seluruh negeri membantah terjadi konflik antarelite di negara itu, menyusul protes yang dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar pada 18 Januari 2022. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

NUR-SULTAN, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev muncul untuk pertama kalinya sejak kerusuhan mengguncang bekas republik Soviet bulan ini, Selasa (18/1/2022).

Seperti dilansir Straits Times, Selasa, Nazarbayev melalui rekaman video, menegaskan tidak ada konflik di antara elite negara itu.

Nazarbayev, yang memerintah negara penghasil minyak itu selama tiga dekade, mengatakan dia tetap berada di Kazakhstan selama kekerasan terburuk dalam sejarah negara itu pascaUni Soviet.

Kerusuhan meletus setelah kenaikan tajam harga bahan bakar kendaraan sebelum membengkak menjadi gerakan anti-pemerintah, dengan kemarahan publik ditargetkan pada Nazarbayev yang berusia 81 tahun.

Kantor kejaksaan mengatakan sedikitnya 225 orang tewas.

Berbicara dua minggu setelah protes dimulai, Nazarbayev mengatakan dia tidak lagi bertanggung jawab atas negara terkaya di Asia Tengah itu.

"...Saya menyerahkan kekuasaan (presiden) saya kepada Presiden Kassym-Jomart Tokayev pada 2019 dan sejak itu menjadi pensiunan, dan saya sekarang (tinggal) pensiun di ibukota Kazakhstan dan belum pergi ke mana pun," katanya, membantah tudingan bahwa dia berada di luar negeri.

"Presiden Kassym-Jomart Tokayev memiliki kekuasaan penuh."

Baca Juga: Pasukan Aliansi CSTO yang Dipimpin Rusia Bersiap Pulang dari Kazakhstan

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev. Mantan Presiden Nursultan Nazarbayev dalam pidato yang disiarkan televisi ke seluruh negeri membantah terjadi konflik antarelite di negara itu, menyusul protes yang dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar pada 18 Januari 2022. (Sumber: Yevgeny Biyatov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Hilangnya Nazarbayev secara tiba-tiba selama unjuk rasa dan penahanan mantan kepala keamanan negara, Karim Masimov, atas tuduhan makar, mendorong desas-desus tentang keretakan hubungan antara mantan presiden dan penggantinya, Tokayev.

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19