Kompas TV video vod

Akses Terputus, Tenaga Kesehatan Pakai Ekskavator Seberangi Banjir Lahar Hujan Semeru

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 23:30 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Sejumlah tenaga kesehatan menggunakan eskavator untuk melintasi aliran banjir lahar Semeru demi memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga yang terisolasi.

Intensitas banjir lahar hujan Gunung Semeru Di Lumajang, Jawa Timur yang sering terjadi membat sejumlah jembatan ambrol.

Akibatnya warga maupun petugas kesehatan harus berjuang melintasi aliran lahar demi ke tempat tujuan.

Kepala Puskesmas Candipuro dokter Krisna bersama sejumlah petugas kesehatan lainnya terpaksa naik alat berat untuk bisa sampai di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Candipuro mereka terpaksa naik alat berat lantaran arus banjir lahar masih cukup deras.

Video ini direkam oleh kepala desa setempat, Mahmudi saat mengantarkan mereka yang akan melaksanakan kegiatan pemeriksaan gratis kepada warga yang terisolasi di kampung tersebut.

Bahkan video tersebut sempat di unggah di akun Facebook Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Bupati mengapresiasi perjuangan petugas kesehatan yang harus memberikan pelayanan kepada rakyatnya.

Baca Juga: Akses Jalan Antar Kecamatan Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Di tempat lain, tepatnya di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh warga harus melintas di bekas jembatan yang ambruk akibat diterjang banjir lahar.

Warga mengaku nekad menyeberangi tempat ini lantaran tidak ada tempat lain. Sebab jembatan ini adalah satu-satunya jembatan penghubung dusun kajar kuning dengan Dusun Curah Kobokan.

Setidaknya, ada tiga jembatan yang terputus akibat banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang dalam beberapa pekan terakhir.

Untuk itu, pemerintah setempat menghimbau kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan karena saat ini memasuki cuaca ekstrim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.