Kompas TV olahraga kompas sport

Tagar #HarunaOut Menggema, Ketua Umum PSSI: Ini Kan Zaman Demokrasi

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 02:44 WIB
tagar-harunaout-menggema-ketua-umum-pssi-ini-kan-zaman-demokrasi
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa tagar #HarunaOut merupakan hal yang wajar di zaman demokrasi saat ini.(Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menganggap tanda pagar (tagar) #HarunaOut yang menggema di media sosial merupakan bagian dari demokrasi.

Tagar tersebut muncul sebagai bentuk kritik terhadap anggota Komite Eksekutif PSSI Haruna Soemitro yang sebelumnya sempat membuat heboh dengan pernyataannya terkait pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Haruna melontarkan kritik pedas terhadap Shin Tae-yong yang menyebut pelatih asal Korea Selatan mudah tersinggung.

Menurut mantan petinggi Madura United itu, komunikasi antara PSSI dan Shin Tae-yong juga dikatakannya tersendat.

Kemudian, Haruna menilai kualitas Shin sama saja dengan pelatih timnas Indonesia lainnya karena hanya mampu membawa skuad Garuda ke babak final Piala AFF 2020.

Menanggapi adanya tagar #HarunaOut yang disusul dengan #STYStay, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar terlebih di zaman demokrasi ini.

Lebih lanjut, Iriawan mengatakan bahwa setiap pengguna media sosial bebas untuk mengutarakan pandangan-pandangannya.

Baca Juga: Meski Dipanggil Timnas Indonesia, Ketua Umum PSSI Ungkap Elkan Baggott Belum Tentu Datang

"Ini, kan, zaman demokrasi. Orang boleh berpendapat dan lain sebagainya," ujar Iriawan dikutip dari Antara, Selasa (18/1/2022).

Adapun mengenai posisi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, PSSI memastikan ia tetap akan bersama timnas Indonesia sampai kontraknya habis, yaitu akhir tahun 2023.

Kontrak Shin bahkan bisa saja diperpanjang jika performa Timnas Indonesia terus membaik.

"Mungkin 'netizen' atau publik berpikir Shin Tae-yong akan diganti. Itu yang saya tangkap. Tentu tidak demikian koridornya," lanjut Iriawan.

"Shin Tae-yong akan berada di posisinya hingga habis kontrak. Kalau ternyata performa timnas makin bagus, tentu kontrak itu akan diperpanjang," ungkap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Shin Tae-yong sendiri saat ini sedang mempersiapkan Timnas Indonesia untuk menghadapi Timor Leste di laga uji coba pada akhir bulan Januari ini.

Selanjutnya, pelatih yang memimpin Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 itu mempunyai misi untuk membawa Timnas Indonesia U23 mempertahankan gelar juara di Piala AFF U23 2022 Kamboja bulan depan. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Harap Skuad Timnas Indonesia Fokus di TC FIFA Matchday



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.