Kompas TV regional berita daerah

20 Tahun di Malaysia, Ibu Enam Anak Akhirnya Bisa Pulang ke Indonesia

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 19:44 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Nuli Yustina, ibu enam anak asal Desa Senangak, Kecamatan Naga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat akhirnya bisa pulang kembali ke Indonesia setelah menanti sekitar 20 tahun. Selama itu pula, Ia kehilangan kontak dengan keluarganya.

Nuli merupakan pekerja migran nonprosedural yang saat usia 16 tahun dibawa ke Malaysia untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga sejak 2001 silam. Namun, selama 8 tahun ia bekerja, Ia tak pernah dibayar.

Ia kemudian kabur dari majikannya dan diselamatkan sesama PMI asal NTT yang kemudian jadi suaminya. Namun, setelah suaminya meninggal, ia dan keenam anaknya terkatung-katung di Malaysia.

Beruntung, sebelum meninggal sang suami sempat mengunggah postingan ke media sosial yang dilihat oleh salah satu adik Nuli. Lalu kemudian melapor ke BP2MI dan Yayasan Anak Bangsa.

BP2MI pun bergerak cepat dan memulangkan Nuli bersama keenam anaknya ke Indonesia dari Malaysia.

Setelah sempat ditampung dan diperiksa kesehatannya, Nuli bersama enam anaknya dijemput oleh Dinas Sosial Kabupaten Sekadau ditemani petugas BP2MI dan Yayasan Anak Bangsa.

BP2MI Pontianak mengimbau agar masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri untuk mengikuti prosedur resmi. Itu untuk melindungi pekerja migran di luar negeri dari potensi adanya masalah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x