Kompas TV internasional kompas dunia

Situasi Ukraina Memanas: Inggris Kirim Senjata AntiTank, Kanada Terjunkan Pasukan Khusus

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 16:54 WIB
situasi-ukraina-memanas-inggris-kirim-senjata-antitank-kanada-terjunkan-pasukan-khusus
Ilustrasi. Seorang tentara Ukraina menyisir parit pertahanan yang memisahkan wilayah pemeritah dengan pemberontak pro-Rusia di Donetsk, Ukraina, 9 Januari 2022. Seiring buntunya negosiasi NATO dengan Rusia, Ukraina meminta bantuan militer untuk memitigasi agresi Rusia. (Sumber: Andriy Dubchak/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KYIV, KOMPAS.TV - Buntunya negosiasi dengan Rusia membuat bantuan militer semakin deras mengalir ke Ukraina. Belakangan ini, giliran Inggris Raya dan Kanada mengirimkan bantuan.

Inggris Raya dilaporkan menyuplai senjata antitank ke Ukraina. Sedangkan Kanada mengirimkan satu unit pasukan khusus.

Ukraina terancam agresi Rusia yang telah mengonsentrasikan sekitar 100.000 tentara di perbatasan.

Amerika Serikat (AS) menuduh Kremlin sedang menyiapkan dalih untuk menginvasi Ukraina. Namun, tuduhan ini dibantah dengan tegas oleh Moskow.

Rusia enggan membubarkan konsentrasi pasukan sebelum NATO menjamin tak akan menerima Ukraina atau negara bekas Uni Soviet lain sebagai anggota. 

Baca Juga: CIA Diam-Diam Latih Tentara Ukraina, Bakal Digunakan Jika Perang Lawan Rusia

Akan tetapi, NATO menolak tuntutan tersebut. Pertemuan petinggi NATO dan Rusia pada pekan lalu pun tak menghasilkan kesepakatan berarti.

Buntunya negosiasi itu membuat Kyiv khawatir tetangganya bisa menyerang sewaktu-waktu. Ukraina pun meminta bantuan persenjataan dari Barat.

Inggris latih militer Ukraina

Selain mengirim persenjataan antitank, kontingen Inggris Raya juga akan menetap sementara untuk melatih pasukan Ukraina.

Keputusan tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Inggris Raya Ben Wallace, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Situasi Memanas, AS Tuding Rusia Siapkan Operasi Bendera Palsu demi Serang Ukraina

Wallace tak merinci spesifikasi senjata dan unit yang diterjunkan. Ia sekadar menyebut persenjataan itu berspesifikasi “untuk bela diri.”

“Ini (senjata antitank) berjarak dekat, tetapi itu akan membuat orang berhenti dan berpikir apa yang sedang mereka lakukan, dan jika tank meluncur ke Ukraina, menginvasinya, lalu mereka (persenjataan Inggris) akan menjadi bagian mekanisme pertahanan,” kata Wallace dikutip Al Jazeera.

Sementara itu, televisi Global News mewartakan, Kanada telah mengirimkan pasukan khusus ke Ukriana.

Unit pasukan khusus itu dilaporkan akan mengidentifikasi cara membantu pemerintah Ukraina dan bantu mengembangkan rencana evakuasi diplomat Kanada jika ada invasi.

Pihak Komando Pasukan Khusus Kanada sendiri mengaku tidak bisa mengonfirmasi kabar tersebut.

Komando sebatas menyampaikan bahwa mereka telah mendukung pasukan keamanan Ukraina melalui latihan dan kepakaran sejak 2020.

Baca Juga: Meski Terancam Ditangkap, Eks Presiden Ukraina Nekat Pulang demi Bela Negara Lawan Rusia
 



Sumber : Al Jazeera

BERITA LAINNYA



Close Ads x