Kompas TV regional berita daerah

Daur Ulang Sampah Plastik Bernilai Ekonomi Tinggi

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:09 WIB

Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Nampaknya penggunaan produk-produk berbahan dasar plastik belum bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Mendaur ulang sampah plastik, adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah sampah plastik dari produk yang kita gunakan, menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi. Seperti yang dilakukan oleh pabrik daur ulang plastik ecollabo eight ini.

Taukah anda, Indonesia hanya berhasil mendaur ulang 10 persen sampah plastik setiap tahunnya. Itu tandanya ada 90 persen sampah plastik yang belum di daur ulang, dan berakhir di TPA begitu saja.

Hal inilah yang menjadi inspirasi dari pabrik daur ulang ecollabo eight, yang berada di kawasan Pererenan Kuta Utara, Badung Bali. Di sini sampah-sampah botol plastik dari produk kecantikan maupun produk kebutuhan rumah, disulap menjadi barang yang cantik dan bernilai ekonomi tinggi.

Caranya terbilang cukup mudah. Yakni botol plastik yang sudah tercuci bersih, selanjutnya dicacah menggunakan mesin pencacah. Setelah berubah menjadi ukuran lebih kecil, plastik-plastik ini dicetak sesuai dengan barang apa yang dipesan customer. Seperti sisir, cermin, gantungan baju, hingga mainan anak-anak, maupun furniture aestetik lainnya. 

Setiap harinya 500 kilogram sampah plastik bisa didaur ulang di tempat ini. Dan pabrik daur ulang sampah plastik ecollabo eight akan mengerjakan ribuan pesanan dari peminat dan pecinta lingkungan.

Eits, plastiknya bukan sembarang plastik. Hanya plastik yang berkualitas baik yang dapat diproses di tempat ini. Jika sampah plastik sebelumnya sudah dibuang ke laut dalam waktu yang lama, maka kualitas plastik akan berkurang, dan tidak bisa didaur ulang kembali.

15 persen keuntungan yang diperoleh dari pabrik ini disumbangkan kepada panti asuhan dan untuk kegiatan sosial lainnya seperti membantu warga terdampak pandemi. Kedepannya pabrik daur ulang sampah plastik ecollabo eight ini akan memadukan penggunaan limbah kaca dan plastik, yang akan disulap juga menjadi furniture cantik nan aestetik.

 

 

 

 

#EcollaboEight #Sampah #DaurUlang

 

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19