Kompas TV nasional update

Dikabarkan Kunjungi Israel, BNPB Sebut Suharyanto Tidak Pernah Lakukan Kunjungan ke Luar Negeri

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 14:52 WIB
dikabarkan-kunjungi-israel-bnpb-sebut-suharyanto-tidak-pernah-lakukan-kunjungan-ke-luar-negeri
Kepala BNPB menyebut tidak pernah melakukan kunjungan ke luar negeri sejak dilantik sebagai Kepala BNPB oleh Presiden RI, Joko Widodo. (Sumber: BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto tidak pernah melakukan kunjungan ke luar negeri sejak dilantik sebagai Kepala BNPB oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pernyatan itu disampaikan melalui keterangan tertulis BNPB, menanggapi kabar yang beredar bahwa Suharyanto yang juga selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 bertemu dengan pejabat Israel.

“Berita dan laporan yang telah menyebar ke beberapa media nasional maupun internasional itu secara fakta TIDAK BENAR (HOAKS),” kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Delegasi Pemerintah Indonesia Dilaporkan Kunjungi Israel untuk Belajar Penanganan Covid-19

“Letjen TNI Suharyanto belum pernah melakukan perjalanan ke luar negeri setelah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 pada Rabu (17/11/202) lalu,” imbuhnya.

Bahkan, menurut Muhari, Suharyanto juga tidak pernah memiliki rencana untuk berkunjung ke Israel.

“Mantan Pangdam V Brawijaya itu juga tidak pernah merencanakan akan pergi ke Israel untuk tujuan sebagaimana ditulis dalam berita tersebut,” imbuhnya.

Muhari menjelaskan, sebelumnya delegasi Indonesia dilaporkan telah berkunjung ke Israel dalam rangka membahas strategi penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 baru-baru ini.

“Laman berita The Jerusalem Post per Senin (17/1), menulis bahwa kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh Army Radio, sebuah stasiun radio milik militer Israel,” kata dia.

Pada laporan tersebut, dikatakan pula bahwa para delegasi pejabat kesehatan dari Indonesia yang juga menyebut nama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto bertemu dengan pejabat Israel.

Sebelumnya diberitakan, kabar kunjungan itu beredar seiring mencuatnya isu normalisasi hubungan Israel-Indonesia sebulan belakangan.

Baca Juga: Israel Tangkap 5 Warga Yahudi yang Dituduh Jadi Mata-mata Iran

Tel Aviv sendiri berupaya menegakkan hubungan diplomatis dengan negara-negara mayoritas muslim sejak 2020 lalu.

Menurut laporan Galei Tzahal via Associated Press, delegasi Indonesia ingin “belajar bagaimana menangani pandemi Coronavirus”.

Namun, laporan itu tidak merinci di mana dan kapan persisnya pertemuan terjadi.

Kementerian Luar Negeri Israel sendiri enggan mengonfirmasi kunjungan tersebut, sebatas menyatakan bahwa Israel “meyakini kerja sama internasional dalam segala hal untuk menghadapi Coronavirus”.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x