Kompas TV regional berita daerah

Siap-Siap, Seluruh Mahasiswa UGM Bakal Jalani Kuliah Bauran pada Februari 2022

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 15:28 WIB
siap-siap-seluruh-mahasiswa-ugm-bakal-jalani-kuliah-bauran-pada-februari-2022
Ilustrasi: kuliah bauran Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada (UGM) siap melaksanakan kuliah atau kegiatan belajar mengajar (KBM) bauran untuk seluruh mahasiswanya. Kuliah perpaduan daring dan luring UGM untuk seluruh mahasiswa ini menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terbaru tentang pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan SKB 4 Menteri ini semua satuan pendidikan yang berada di wilayah dengan kriteria tertentu wajib melaksanakan PTM terbatas. Adapun PTM dapat diselenggarakan 100 persen dengan menimbang berbagai kondisi.

Selain itu, kebijakan kuliah atau KBM bauran ini muncul berdasarkan hasil survei satu tahun KBM daring pada dosen dan mahasiswa di UGM. Survei  menunjukkan kebutuhan untuk pelaksanaan KBM Bauran sangat dibutuhkan mahasiswa dan dosen.

Baca Juga: UGM akan Gelar Kuliah Bauran Agustus 2021, Cek Syarat Mahasiswa yang Boleh Kuliah Luring

Hasil survei memperlihatkan sebanyak 78 persen dosen membutuhkan pembelajaran secara bauran dan 11 persen dapat melaksanakan pembelajaran secara penuh.

Sementara, 86 persen mahasiswa memerlukan pembelajaran secara bauran atau luring penuh dan 14 persen lainnya merasa nyaman dengan pembelajaran daring.

Menurut Kepala Pusat Inovasi Kebijakan Akademik (PIKA) UGM Hatma Suryatmojo, kuliah bauran akan mulai diimplementasikan mulai semester genap tahun akademik 2021/2022 atau sekitar Februari 2022 dapat dilanjutkan pada semester berikutnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

“UGM tidak mengharuskan dosen menggelar PTM 100 persen, tetapi bisa disesuaikan dengan kondisi, tatap muka di kelas berapa persen itu ditentukan dosen pengampu mata kuliah,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (17/1/2022).

Dalam kuliah atau KBM bauran ini dosen memiliki keleluasan dalam merancang pembelajaran bagi mahasiswa. Fakultas dan program studi wajib memberikan kesempatan penyelenggaraan perkuliahan secara bauran.

Baca Juga: Pakar UGM Sebut Tradisi Sajen Sudah Ada Sebelum Agama Bermunculan di Indonesia

Saat ini tim KBM bauran mulai melakukan pemetaan atau pemutakhiran data dosen dan tenaga kependidikan yang eligible melaksankan KBM bauran. Selain itu juga memastikan kesiapan infrastruktur pendukungnya.

TIM KBM bauran ini juga akan melakukan pemetaan terkait kebutuhan jumlah tatap muka kelas bagi mata kuliah yang disajikan di semester genap tahun akademik 2021/2022 untuk memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah yang dierencanakan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.