Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kapasitas Penonton MotoGP Mandalika Menjadi 100 Ribu, Kamar Penginapannya Cuma 16 Ribu

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 13:28 WIB
kapasitas-penonton-motogp-mandalika-menjadi-100-ribu-kamar-penginapannya-cuma-16-ribu
Presiden Jokowi sebelum mengendarai motor saat meninjau kesiapan MotoGP Sirkuit Mandalika, Kamis (13/1/2022). Presiden Jokowi menyetujui penonton MotoGP 2022 Mandalika ditambah menjadi 100 Ribu. (Sumber: Dok. Sekretariat Presiden)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV-Pemerintah memutuskan untuk menambah tiket yang akan dijual dalam gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, NTB. Hal itu berdasarkan persetujuan Presiden Jokowi, yang menambah penonton MotoGP dari 63.534 orang menjadi 100.000 orang.

Jumlah itu, merupakan setengah dari kapasitas Sirkuit Mandalika yang mampu menampung 200.000 penonton.

Presiden Jokowi mengambil keputusan itu, setelah mempertimbangkan capaian vaksinasi di Lombok, yang sudah mencapai di atas 70 persen untuk vaksinasi dosis-1.

Kota Mataram misalnya, persentase vaksinasi dosis-1 sudah mencapai 109,26 persen dan dosis-2 sebanyak 78,30 persen dengan total sasaran booster pada Januari-Maret 2022 sebesar 158.301 orang.

Baca Juga: MGPA: Kualitas Kursi Penonton di Sirkuit Mandalika Setara dengan Trek-trek Terbaik Dunia

Tapi masalahnya, di seluruh NTB baru tersedia 16.000 kamar akomodasi. Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto menjelaskan, terkait akomodasi diakuinya Lombok masih sangat kurang.

"Akan kita tambah sesuai dengan tiket yang kita jual. Karena yang kita jual kurang lebih 63.500 tiket. Sehingga kekurangannya itu kita carikan solusi," ujar Hadi pada Kamis (13/1/2022).

Salah satu solusi yang dilakukan adalah mendatangkan kapal pinisi yang berasal dari dukungan Kementerian Perhubungan. Total ada 700 kapal pinisi yang akan dikerahkan selama MotoGP Mandalika 2022.

"Kalau rata-rata ada 5 kamar, sudah 3.500 kamar,"   ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Setuju Jumlah Penonton MotoGP di Mandalika Ditambah Jadi 100 Ribu Orang

Pemerintah daerah NTB juga sudah mengirim surat ke Kemenhub, meminta disediakan kapal pesiar yang memiliki 2.000 kamar.

Selain itu pemerintah pusat maupun daerah setempat juga sudah membangun sarana hunian pariwisata (sarhunta) sebanyak 300 homestay. 50 di antaranya sudah mendapatkan sertifikat CHSE.

Selain persiapan akomodasi dilakukan juga penataan keindahan sekitar jalan bypass dari bandara menuju sirkuit Mandalika. Tujuannya agar para tamu yang ingin menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 bisa dimanjakan pandangannya ketika melewati jalan tersebut.

Baca Juga: Kapal Pinisi dan Kapal Pesiar Akan Jadi Penginapan Penonton MotoGP Mandalika

"Sedangkan di Sirkuit Mandalika sendiri sudah dilaksanakan pembenahan baik di tier satu di paddock area, kemudian tier dua di sirkuit itu sendiri dan tier 3 itu adalah khusus untuk penonton, grand stand. Dari grand stand nanti akan kita tempatkan di sekitar tempat-tempat yang dianggap viewnya bagus untuk penonton," jelas Hadi.

Sebelum digunakan untuk menggelar balapan MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022. Rencananya, Tes MotoGP di Sirkuit Mandalika akan berlangsung 11-13 Februari atau sepekan setelah tes di Sirkuit Sepang, Malaysia.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.