Kompas TV regional berita daerah

Tanah Bergerak, Belasan Rumah di Tegal Rusak

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 11:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL, KOMPAS.TV - Intensitas hujan tinggi terjadi sejak beberapa hari terakhir yang mengakibatkan bencana tanah bergerak di Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Sedikitnya ada 12 rumah warga rusak. Bagian belakang rumah warga menggantung akibat tanah longsor dan lantai rumah mengalami retak memanjang. Sakhudin, salah satu warga mengatakan, bencana terjadi pasca diguyur hujan deras sejak Sabtu (15/1/2022) malam. Warga sempat mendengar suara gemuruh retakan tanah dan menyelamatkan diri.

"Waktu itukan yang punya rumah lagi salat di musala, terus langsung ambruk. Lalu istrinya manggil suaminya di musala. Yang kena bagian dapur. Kalau musim hujan rawan di sini," ujar Sakhudin.

Sekretaris Desa Padasari, Chaerudin mengatakan, bencana tanah bergerak kerap terjadi di wilayahnya karena kondisi tanah yang labil. Hampir setiap tahun terjadi bencana serupa.

"Kalau di sini, RT 15 itu setiap tahun. Kalau Sungai Gampingnya kena longsor ya akibatnya retak di desanya. Setiap musim hujan," ujar Chaerudin.

Meski tidak terdapat korban jiwa, namun saat ini para korban bencana berharap segera mendapatkan bantuan guna memperbaiki rumahnya yang rusak. Akibat tanah bergerak, jalan desa sepanjang 30 meter juga amblas sehingga warga kesulitan melintas.

#tanahbergerak #desapadasari #tegal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.