Kompas TV internasional kompas dunia

Delegasi Pemerintah Indonesia Dilaporkan Kunjungi Israel untuk Belajar Penanganan Covid-19

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 20:42 WIB
delegasi-pemerintah-indonesia-dilaporkan-kunjungi-israel-untuk-belajar-penanganan-covid-19
Ilustrasi. Seorang demonstran membentangkan lukisan bendera Palestina di tangannya dalam aksi solidaritas kepada warga korban penggusuran Israel di Sheikh Jarrah, Yerusalem. Delegasi pemerintah Indonesia dilaporkan mengunjungi Israel belakangan ini. (Sumber: Mahmoud Illean/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Delegasi pemerintah Indonesia dilaporkan melakoni kunjungan langka ke Israel belakangan ini. Kunjungan tersebut diwartakan oleh Galei Tzahal, radio yang dikelola Angkatan Bersenjata Israel (IDF), Senin (17/1/2022).

Kunjungan itu seiring dengan mencuatnya isu normalisasi hubungan Israel-Indonesia sebulan belakangan. Tel Aviv sendiri berupaya menegakkan hubungan diplomatis dengan negara-negara mayoritas muslim sejak 2020 lalu.

Menurut laporan Galei Tzahal via Associated Press, delegasi Indonesia ingin “belajar bagaimana menangani pandemi Coronavirus”. Laporan itu tidak merinci di mana dan kapan persisnya pertemuan terjadi.

Baca Juga: Setelah UEA, Bahrain, dan Maroko, Israel Bidik Indonesia dan Arab Saudi untuk Normalisasi Hubungan

Kementerian Luar Negeri Israel sendiri enggan mengonfirmasi kunjungan tersebut, sebatas menyatakan bahwa Israel “meyakini kerja sama internasional dalam segala hal untuk menghadapi Coronavirus”.

Kemlu tidak tahu. Indonesia-Israel normalisasi hubungan?

Dihubungi secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Indonesia menyebut tidak mengetahui kunjungan yang diberitakan media Angkatan Bersenjata Israel tersebut.

Pada Senin (17/1) malam, Kompas TV coba mengonfirmasi kabar tersebut kepada juru bicara Kemlu, Teuku Faizasyah. Namun, ia mengaku belum mendengar atau mengetahui mengenai informasi itu.

Indonesia dan Israel sendiri tidak memiliki hubungan diplomatis secara resmi. Indonesia selama ini selalu memosisikan diri menolak mengakui Israel ketika Palestina belum merdeka.

Baca Juga: Ramai-Ramai Dukung Emma Watson yang Diserang gegara Unggah Foto Demo Solidaritas untuk Palestina

Akan tetapi, isu normalisasi hubungan mencuat belakangan ini. Amerika Serikat (AS) diketahui menjadi pendukung normalisasi tersebut.

Saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta pada Desember lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengangkat isu normalisasi hubungan dengan Israel.

Hal itu diakui oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah.

"Isu Israel muncul disampaikan oleh Menlu Blinken pada pertemuan dengan Menlu RI saat kunjungan ke Jakarta," ungkap Faizasyah, Jumat, 24 Desember 2021, sebagaimana dilansir Antara.

Akan tetapi, kata Faizasyah, posisi Indonesia tetap konsisten bersama rakyat Palestina.

"Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan posisi konsisten Indonesia terhadap Palestina bahwa Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan,” sambungnya.

Baca Juga: Kunjungan ke Indonesia, Menlu AS Bahas Kerjasama Penanganan Pandemi hingga Keamanan Indo-Pasifik


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.