Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Pesawat Garuda Mengalami Crash Saat Landing - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 19:44 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar sebuah unggahan video di media sosial tiktok yang memperlihatkan suasana pendaratan darurat pesawat yang diklaim sebagai pesawat garuda indonesia.

Video tersebut menampilkan pesawat maskapai pelat merah itu tergelincir dan terhempas beberapa kali saat mendarat. Dalam video tersebut terdapat sebuah keterangan bahwa kejadian tersebut terjadi di kota Mashhad, Iran.

Direktur utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan bahwa video yang beredar di media sosial itu tidak benar dan merupakan informasi palsu atau hoaks.

Sementara itu, berdasarkan hasil penelusuran digital, ditemukan bahwa video tersebut bukan rekaman kejadian asli.

Video yang mengeklaim pesawat garuda indonesia mendarat darurat di Iran itu merupakan hasil rekaman layar (screen record) dari aplikasi simulasi penerbangan x-plane 11.

Video itu merupakan bagian atau potongan dari video yang diunggah akun youtube bernama Bopbibun pada 2 mei 2021, dengan judul "most crazy emergency landing by drunk pilot | x-plane 11”, yang merupakan kompilasi video simulasi pendaratan pesawat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.